Berharta Rp 93 T, Kanye West Jadi Orang Kulit Hitam Paling Kaya di AS

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 19 Mar 2021 08:56 WIB
Kanye West gelar kampanye tak biasa pemilihan presiden AS: Penggemar pertanyakan aksinya, dari aborsi hingga menangis, bagian strategi promosi?
Kanye West/Foto: BBC World
Jakarta -

Kanye West telah menjadi orang kulit hitam terkaya dalam sejarah Amerika Serikat (AS). Kekayaan bersihnya dilaporkan mencapai US$ 6,6 miliar atau sekitar Rp 93,72 triliun (kurs Rp 14.200).

Dilansir News Sky, Jumat (19/3/2021), jumlah kekayaan bersih Kanye West itu menurut laporan Bloomberg. Bahkan kekayaannya sudah melebihi orang kaya kulit hitam lainnya seperti investor sekaligus pengusaha Robert F Smith dan legenda basket Michael Jordan.

3 tahun lalu pria ini sempat mengaku memiliki utang hingga US$ 53 juta. Namun tak lama berselang, rapper yang juga taipan mode itu berubah menjadi miliarder. Dia memupuk kekayaannya sebagian besar dari kesuksesan merek fashion Yeezy, dan kontrak baru multi-tahun dengan Gap.

Menurut Bloomberg, merek Yeezy dan kesepakatan dengan Gap, serta raksasa pakaian olahraga Adidas nilainya mencapai US$ 3,2 miliar hingga US$ 4,7 miliar. The new Yeezy Gap, yang akan dirilis akhir musim panas ini, diharapkan menghasilkan lebih dari US$ 970 juta.

Kanye West merupakan satu-satunya pemilik perusahaan Yeezy. Oleh karena itu, sebagian besar sumber kekayaan bersihnya berasal dari perusahaan itu.

Namun sebagian lagi kekayaannya juga berasal dari aset-aset lainya termasuk investasi pada perusahaan istrinya Skims dengan nilai US$ 1,7 miliar.

Sang istri, Kim Kardashian yang merupakan bintang reality show juga telah menjadi miliarder. Namun sayang hubungan keduanya berada di ujung jurang, dia mengajukan gugatan cerai kepada Kanye West.

Terlepas dari pandemi COVID, penjualan untuk sepatu Adidas Yeezy terus tumbuh, naik 31% menjadi hampir US$ 1,7 miliar dalam pendapatan tahunan di 2020. Pendapatan itu menghasilkan royalti US$ 191 juta untuk Yeezy.

Neraca keuangan Kanye West yang tidak diaudit juga mengungkapkan bahwa dia memiliki US$ 122 juta harta dalam bentuk tunai dan saham. Kemudian seluruh katalog musiknya bernilai US$ 110,5 juta.

Simak juga 'Saat Kim Kardashian Gugat Cerai Kanye West!':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)