Pemerintah Australia Dikabarkan Mau Wajibkan Vaksinasi Corona buat WNA

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 22 Mar 2021 09:40 WIB
Anggoro Eko Cahyo Direktur Utama BPJAMSOSTEK menerima vaksin COVID 19 dosis pertama didampingi Sugianto Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Humaniora dan Manajemen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan Abdur Rahman Irsyadi Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK di Jakarta, Sabtu (20/3/2021).
Foto: Istimewa/BPJAMSOSTEK
Jakarta -

CEO Qantas Airways Alan Joyce membocorkan rencana pemerintah Australia yang akan mewajibkan syarat vaksinasi COVID-19 bagi warga negara asing (WNA). Joyce mengatakan, pemerintah akan mendesak syarat vaksinasi COVID-19 untuk para pelancong internasional.

Dilansir dari BBC, Senin (22/3/2021), vaksin COVID-19 dipandang penting untuk menghidupkan kembali industri penerbangan yang telah mengalami penurunan jumlah penumpang di seluruh dunia sebesar 75,6% sepanjang 2020.

Alan berpendapat, jika pemerintah Australia tidak menerapkan syarat vaksin COVID-19, maka para maskapai harus menegakkan kebijakan itu sendiri. "Kami memiliki kewajiban untuk menjaga penumpang dan kru kami agar tetap aman di dalam pesawat," kata Joyce.

Jika kebijakan itu diterapkan masing-masing maskapai, menurutnya syarat dan ketentuan pembelian tiket pesawat juga akan menyesuaikan. Ia juga menilai, penumpang yang belum vaksinasi COVID-19 akan bersedia uang pembelian tiketnya dikembalikan.

"Sebagian besar pelanggan kami berpikir kebijakan ini adalah ide yang bagus, 90% orang yang telah kami survei mengatakan bahwa kebijakan vaksinasi harus menjadi persyaratan bagi orang-orang agar dapat bepergian ke luar negeri," urainya.

Namun, Direktur Kesehatan dan Inovasi Digital Organisasi Kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) Bernardo Mariano tak setuju dengan kebijakan vaksinasi COVID-19 tersebut. "Kami tidak menyetujui paspor vaksinasi harus menjadi syarat untuk bepergian," tegasnya.

Simak juga video 'Negara-negara Muslim yang Pakai Vaksin AstraZeneca':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2