Harga Daging Sapi Masih Tinggi, Tukang Bakso Ogah Belanja Banyak

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 22 Mar 2021 11:53 WIB
Harga Daging Sapi
Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Harga daging sapi di pasaran masih tinggi. Per kilogramnya kini masih di angka Rp 120.000. Hal tersebut berdampak pada tukang bakso yang biasa menggunakan daging sapi untuk bahan dasar bakso.

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Bukit Pamulang, Tangerang Selatan, bernama Ian mengatakan salah satu langganannya, tukang bakso mengurangi belanja dagingnya.

"Biasanya 3 kilogram jadi setengahnya atau kurang dikit dari biasanya itu, atau dia kasih aja yang Rp 400.000 jadi dari sayanya ya dikurangin karena harga lagi tinggi, " ujar Ian, saat ditemui oleh detikcom, Senin (22/3/2021).

Salah satu pedagang bakso bernama Aris di Kedaung, Ciputat mengatakan dia mengurangi stok dagingnya sejak harga daging sapi melambung. Dia mengungkap biasanya beli 15 kilogram daging, kini dia hanya membeli 8-9 kilogram.

"Ya dikurangin sekarang ini, biasanya 15 kilogram daging, sekarang hanya 8-9 kilogram. Jadi, porsi jualannya yang dikurangin aja soalnya takaran daging di bakso gak kita ngurangin," ujar Aris.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memprediksi harga daging sapi dan kerbau akan naik selama bulan suci Ramadhan dan lebaran Idul Fitri nanti. Meski begitu, ia memastikan kenaikan tidak akan begitu drastis dan masih bisa dijangkau masyarakat. Pedagang daging sapipun memperkirakan harga daging sapi akan mencapai Rp 150.000 per kilogram.

(fdl/fdl)