Harga Makin Pedas, Gimana Nasib Tukang Gorengan?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 22 Mar 2021 15:00 WIB
tukang gorengan (Angga Aliya-detikcom)
Foto: tukang gorengan (Angga Aliya-detikcom)
Jakarta -

Harga cabai rawit merah masih melambung di angka Rp 120.000 per kilogram. Angka itu masih dikeluhkan para pedagang dan pembeli. Bagaimana cabai rawit di tukang gorengan, apakah harus beli?

Salah satu tukang gorengan di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), bernama Jaka mengatakan pembeli gorengan tidak harus membeli cabai rawit jika membeli gorengan. Dia mengatakan karena yang mengalami kenaikan hanya harga cabai rawit merah bukan cabai rawit hijau.

"Cabai dikasih aja. Kalau cabai rawit hijau kan nggak naik, yang naik sekarang cabai rawit merah," kata Jaka saat berbincang dengan detikcom, Senin (22/3/2021).

Di tempat berbeda, tukang gorengan di Bukit Indah Pamulang, Tangsel, bernama Ipin juga mengatakan hal yang sama. Dia tetap memberikan cabai rawit hijau cuma-cuma ke pelanggannya. "Yang beli gorengan tetap dikasih cabai, masa pelanggan beli cabai jadinya," ujar Ipin.

Sejauh ini, harga cabai rawit merah yang memang mengalami kenaikan. Hingga saat ini harganya di angka Rp 120.000 per kilogram, bahkan sempat Rp 150.000 per kilogram.

Sementara harga cabai rawit hijau disebut tidak mengalami kenaikan, yakni Rp 40.000 per kilogram. Harga cabai merah panjang naik dari Rp 40.000-45.000 per kilogram saat ini Rp 50.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar dan hijau besar kisarannya di harga Rp 60.000 per kilogram.

(fdl/fdl)