Bandara Kuabang Siap Jadi Tempat Display Hasil Kerajinan Warga Lokal

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 21:30 WIB
Kemenhub
Foto: Yudistira Imandiar/detikcom
Halmahera Utara -

Bandara Kuabang digadang-gadang bakal menjadi ikon Kabupaten Halmahera Utara. Presiden Joko Widodo berharap adanya bandara tersebut dapat memicu terbukanya titik-titik pertumbuhan perekonomian baru bagi masyarakat sekitar.

"Saya menyambut baik Alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang siap digunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat. Kita harapkan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini," kata Jokowi dalam acara peresmian terminal penumpang Bandara Kuabang, Rabu (24/3/2021).

Guna memberikan peluang usaha bagi masyarakat Halmahera Utara, khususnya di Kecamatan Kao, Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dalam hal penyediaan ruang usaha. Warga setempat dapat memasarkan produk unggulan di daerahnya. Hal itu sekaligus dapat memperkenalkan kearifan lokal kepada masyarakat luas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencontohkan, di Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT dipasarkan produk hasil tenun masyarakat sekitar. Ia menyebut hasil produksi masyarakat tersebut berkualitas sangat baik sehingga menarik minat pembeli.

"Jadi di kuabang, mungkin kita akan kirim surat ke gubernur atau bupati agar menampilkan produk-produk daerah," sebut Budi.

Ia menambahkan, Halmahera Utara terkenal akan batu alamnya, seperti batu mutiara dan bacan. Produk-produk dari material itu bisa menjadi barang unik yang menarik minat masyarakat dari luar kota.

"Mereka bisa mengkaryakan produk-produknya. Bandara tempat yang bagus untuk mereka (memasarkan produk)," cetus Budi.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menjelaskan sebentar lagi penerbangan reguler akan kembali tersedia di Bandara Kuabang. Hal itu membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendulang pendapatan. Kemenhub akan memfasilitasi tempat untuk para pengusaha yang serius untuk berbisnis di bandara.

"Jadi seperti yang saya katakan tadi, flightnya bertambah. (Penerbangan pesawat) carter itu hampir tiap hari. Kalau di Bandara sendiri itu tidak menarik, orang malas juga lewat sini gitu," cetus Budi.



Simak Video "Jokowi Resmikan Terminal Bandara Kuabang di Maluku Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)