Daftar Panjang Timses hingga Politikus yang Jadi Komisaris BUMN

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 11:46 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Masalah rangkap jabatan komisaris BUMN kembali hangat diperbincangkan belakangan ini. Meski, hal tersebut bukanlah pertama kali disorot.

Selain masalah rangkap jabatan, hal lain yang tak kalah menariknya untuk dikulik ialah latar belakang komisaris BUMN itu sendiri. Ada yang memiliki latar belakang sebagai profesional, ada juga yang berasal dari politikus, tim sukses (timses) hingga orang dari organisasi keagamaan.

Berikut daftar komisaris yang berasal dari orang partai, tim sukses hingga lembaga keagamaan sebagaimana dirangkum detikcom, Jumat (26/3/2021):


1. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini ditunjuk sebagai komisaris utama merangkap independen PT Pertamina (Persero) pada 25 November 2019. Sebelum menjadi komisaris, Ahok lebih dulu bergabung sebagai kader PDI Perjuangan.

Usai penunjukannya sebagai komisaris, silang pendapat muncul. Ada yang menuntut Ahok mundur dari partai, ada juga yang bilang Ahok tak perlu mundur.

2. M Arief Rosyid Hasan

Eks Relawan atau eks Timses Jokowi, M Arief Rosyid Hasan menjadi Komisaris Independen di Bank Syariah Indonesia. Dia sebelumnya pernah menjadi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

3. Rizal Malaranggeng

Politikus Partai Golkar ini diangkat sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) pada Juni 2020 lalu. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat mendapat penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf.

4. Lukman Edy

Lukman menjabat sebagai wakil komisaris utama merangkap komisaris independen PT Hutama Karya (Persero). Politikus PKB ini sebelumnya wakil direktur saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

5. Zulnahar Usman

Mantan bendahara umum Partai Hanura ini ditunjuk sebagai komisaris PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada Februari 2020. Dia sebelumnya pernah menjabat direktur logistik & APK dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

Siapa lagi timses hingga politikus yang jadi komisaris BUMN? Lanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Deretan Relawan Jokowi yang Duduk di Kursi Komisaris BUMN"
[Gambas:Video 20detik]