Taraf Hidup Penerima Dana Kredit Mikro BPKH Beranjak Meningkat

Jauh Hari Wawan S - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 22:43 WIB
BPKH
Foto: Jauh Hari Wawan S
Jakarta -

Peningkatan taraf hidup masyarakat mulai dirasakan setelah menerima pinjaman dana kredit mikro dari investasi dana haji BPKH. Ketua Kelompok PNM Nasabah Mekaar Kadipiro Anita mengungkapkan dari pinjaman awal sebesar Rp 2 juta, perlahan mulai terasa adanya perubahan.

"Awalnya kami ditawari modal usaha dari Mekaar, kami ada beberapa ibu-ibu mendapatkan pinjaman Rp 2 juta untuk modal usaha," kata Anita.

Saat ditemui detikFinance di PNM Nasabah Mekaar di Ngampilan, Yogyakarta, Kamis (25/3/2021) itu, Anita mengungkapkan di kelompoknya terdapat 22 anggota yang baru terbentuk awal tahun 2021. Ia menjelaskan, semuanya merupakan ibu rumah tangga produktif.

"Kami baru awal tahun ini mulainya, jumlah anggota kami ada 22 itu ibu-ibu semua," ucapnya.

Pinjaman modal itu kemudian digunakan untuk membuat usaha. Bentuk usaha tiap individu beragam.

"Bentuk usaha kami berbeda-beda, ada warung, jualan macam-macam, jual gudeg, gorengan, bakso, nasi rames," ungkapnya.

Lebih lanjut, adanya pandemi COVID-19 ini, kata dia, membuat banyak usaha gulung tikar. Bahkan modal usaha anggotanya yang sebelumnya sudah membuka bisnis kecil-kecilan hampir habis.

"Kami bersyukur dengan adanya pinjaman ini kami bisa memulai lebih baik lagi, apalagi di kondisi pandemi Corona ini. Karena Corona modalnya sulit, perputaran uang sulit, kebetulan ada pinjaman ini, alhamdulillah bisa menolong," ungkapnya.

Ia yang diberikan pinjaman modal usaha sebesar Rp 2 juta juga sudah mulai merasakan manfaatnya. Usahanya berjualan donat juga mulai berkembang.

"Saya jual donat, dulu hanya manual sskarang saya beli alat jadi agak ringan. Itu belinya dari hasil uang pinjaman. Untuk ekonomi paling tidak bisa stabil, dari kemarin modal habis karena Corona," pungkasnya.

Simak video 'Kesal Walkot Makassar, 35 Ribu Warga Kurang Mampu Tak Dapat Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/hns)