Apa yang Harus Dilakukan UKM untuk Bangkit dari Pandemi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Mar 2021 19:30 WIB
Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat perekonomian nasional runtuh. Termasuk usaha kecil menengah (UKM) juga berdampak dan banyak UKM yang memangkas pegawai demi bisa bertahan di tengah pandemi.

UKM adalah salah satu motor penggerak perekonomian nasional yang harus melakukan digitalisasi. Hal ini agar UKM bisa menangkap peluang yang lebih luas dan beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Pemulihan ekonomi Kota Bandung Iwa Gartiwa mengungkapkan saat ini ada 88% usaha mikro yang kehabisan dana kas, 60% mengurangi pegawai. Padahal dari data disebutkan 120 juta orang atau 88,9% tenaga kerja justru diserap oleh UKM bukan bisnis besar.

Karena itu salah satu platform social commerce AVANA mengembangkan berbagai teknologi unggulan sebagai penunjang bisnis UKMlokal, diantaranya dengan menyediakan website toko online yang bisa terhubung dengan Instagram shopping, integrasi chat sampai manajemen reseller.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, pelaku UKM yang biasanya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) terbatas pun bisa dengan mudah menjual produk-produk mereka secara online melalui website maupun media sosial.

Untuk mengasah kemampuan digital pelaku UKM, AVANA juga secara rutin mengadakan pelatihan digitalisasi baik secara offline maupun online yang bisa diikuti oleh pelaku bisnis dari seluruh Indonesia. Hingga kini, pelatihan offline telah diadakan di kota Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Pandemi COVID-19 ini pun memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian Kota Bandung.

Iwa mengungkapkan bahwa kondisi seluruh bisnis di Kota Bandung terutama pariwisata dan fashion mengalami penurunan drastis. Persaingan bisnis semakin ketat dan yang bisa survive adalah mereka yang telah fasih menggunakan teknologi. Namun justru sekarang terdapat keterbatasan dana untuk melakukan proses digitalisasi bisnis tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2