Mulai dari Nabung sampai Arisan, Ini 4 Cara Investasi Emas

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 28 Mar 2021 14:15 WIB
Gold bars sitting over a bar graph. Selective focus. Horizontal composition with copy space. Stock market and finance concept.
Foto: iStock
Jakarta -

Emas sering menjadi pilihan para investor di kala dunia keuangan terguncang. Instrumen investasi yang sering disebut safe haven ini dipilih karena bisa menghindari kerugian dari aset para investor.

Emas memang memiliki pergerakan nilai yang sejalan dengan inflasi dalam jangka waktu panjang. Itulah mengapa ketika terjadi guncangan di dunia keuangan, emas dipilih menjadi tempat menyelamatkan aset.

Emas juga juga sering dipilih menjadi instrumen investasi utama bagian sebagian orang. Tapi apakah kalian sudah tahu, investasi emas bukan hanya sekadar membelinya?

Berikut 4 cara investasi emas:

1. Investasi Emas Fisik

Investasi emas secara fisik adalah cara yang paling konvensional. Sederhana, hanya membeli emas dalam bentuk fisik.

Biasanya membeli emas fisik dilakukan ketika harganya sedang landai, lalu menjual kembali saat harganya melambung tinggi. Membeli emas fisik bisa berbentuk batangan, perhiasan, sertifikat emas, koin emas dan lain sebagainya.

Biasanya, investasi emas fisik ini memang ditujukan sebagai investasi jangka panjang.

Untuk memulai investasi emas fisik, investor bisa mendapatkannya bisa dengan membelinya langsung di PT Aneka Tambang (ANTAM) dengan mengunjungi situs www.logammulia.com, atau produsen emas resmi lainnya. Sedangkan untuk perhiasan emas, bisa didapatkan di toko-toko penjual perhiasan.

2. Nabung Emas

Berbeda dari emas fisik, nabung emas justru tidak terbatas pada kepemilikan fisik saja. Tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau dan bisa dicicil.

Saat ini, salah satu lembaga keuangan yang menyediakan program nabung emas ini adalah PT. Pegadaian. Cara memulai nabung emas di Pegadaian juga terbilang mudah, tinggal datangi kantor cabang Pegadaian dekat rumah Anda dan ajukan pembukaan rekening tabungan emas.

Lalu, proses menabung emas bisa dilakukan secara daring lewat aplikasi Pegadaian, kapanpun dan di manapun. Demikian pula untuk mencairkannya, tinggal datangi kantor cabang pegadaian terdekat, tunggu beberapa menit, uang cicilan emas kamu siap diterima. Anda juga bisa mencetak tabungan emas menjadi emas fisik.

Selanjutnya
Halaman
1 2