Emas, Instrumen Investasi Berjuluk Safe Haven

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 28 Mar 2021 11:47 WIB
Gold prices
Foto: Getty Images/iStockphoto/Aslan Alphan
Jakarta -

Emas adalah logam mulia yang cukup melekat di kehidupan manusia. Selain menjadi perhiasan sejak zaman dulu kala, emas juga menjadi simbol kekayaan dan alat untuk menumpuk harta.

Di era modern emas juga dijadikan sebagai instrumen investasi. Biasanya bentuknya adalah logam mulia yang dicetak dalam bentuk batangan ataupun kepingan. Berbeda tentunya dengan emas perhiasan yang dibentuk menjadi cincin, kalung, gelang dan lain sebagainya.

Sebagai instrumen investasi, emas sering kali dipilih oleh para investor untuk menyelamatkan hartanya dari penurunan nilai.

Di sebut sebagai safe haven, emas memang memiliki pergerakan nilai yang sejalan dengan inflasi dalam jangka waktu panjang. Itulah mengapa ketika terjadi guncangan di dunia keuangan, emas dipilih menjadi tempat menyelamatkan aset.

Layaknya instrumen investasi harga emas juga berfluktuatif. Di dunia acuan harga emas dalam satuan ons. Di Indonesia harga emas juga bisa dicek di Antam dengan satuan gram.

Pembelian emas logam mulia dalam bentuk fisik bisa dilakukan di Antam. Tapi ada cara lain juga untuk berinvestasi emas.

Misalnya berinvestasi di pasar forex. Di sana investor bisa berinvestasi dalam bentuk komoditas emas. Mekanismenya layaknya pasar yakni bertransaksi baik jual maupun beli.

Selain itu ada juga berbagai konsep lainnya dalam berinvestasi emas. Seperti menabung emas ataupun arisan emas.

Pergerakan harga emas sendiri ditentukan berbagai hal. Seperti saham, pergerakan harga emas juga dipengaruhi berbagai hal yang menjadi sentimen.

Pada umumnya ketika instrumen investasi lain seperti saham, obligasi dan mata uang bergejolak biasanya harga emas akan naik. Sebab para investor memilih untuk mengamankan nilai asetnya.

Misalnya pada tahun lalu ketika dunia keuangan terguncang akibat pandemi COVID-19, harga emas terus merangkak naik. Bahkan harga emas Antam sempat menyentuh level Rp 1.065.000 per gram.

(das/zlf)