Ingin Hasil Maksimal? Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Berinvestasi (Bag 1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partner - detikFinance
Minggu, 28 Mar 2021 06:23 WIB
ilustrasi investasi
Foto: iStock
Jakarta -

Jika ingin hasil maksimal dari investasi yang Kamu lakukan, ada 4 hal yang perlu dipastikan sebelum Kamu memutuskan untuk menyimpan untuk investasi.

Apa saja?

1. Pastikan Uangnya Bukan Hasil Ngutang
Tidak harus kaya raya untuk memulai berinvestasi. Justru jika Kamu belum kaya, segeralah berinvestasi agar uang yang Kamu miliki saat ini memiliki kemungkinan untuk berkembang seiring dengan waktu dan tidak kalah dengan inflasi.

Memang, akan sulit bagi Kamu untuk bisa berinvestasi pada produk keuangan bila tak ada uangnya. Nggak mungkin kan beli emas, obligasi, reksa dana, atau saham nggak pakai uang?

Tak perlu khawatir, ada 2 hal yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan sejumlah dana yang bisa Kamu gunakan untuk berinvestasi. Tapi, berutang bukanlah salah satu jalan untuk mendapatkan uang yang akan digunakan untuk berinvestasi.

Berinvestasi adalah sebuah aktivitas dengan harapan uang yang akan Kamu tempatkan bisa berkembang. Dalam prosesnya, hasilnya bisa jadi naik dan turun sehingga bisa dibilang tidak ada jaminan keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Sedangkan, berutang adalah aktivitas untuk mendapatkan dana dari pihak lain dengan jaminan atau tanpa jaminan, disertai dengan kewajiban pengembalian sejumlah dana dan juga tambahan bunga serta denda bila ada keterlambatan.

Karenanya, bukanlah sebuah hal yang bijak bila Kamu berinvestasi yang penuh ketidakpastian menggunakan sesuatu hal yang pasti harus dikembalikan dan bahkan ada punishment jika Kamu terlambat mengembalikan.

Nah, kembali pada dua hal yang bisa Kamu lakukan untuk bisa mendapatkan sejumlah dana yang bisa digunakan untuk berinvestasi, dua hal itu adalah: bekerja (atau bekerja tambahan) dan menghemat pengeluaran bulanan.

Jika saat ini status Kamu adalah seorang pekerja, sedangkan Kamu merasa uang yang dihasilkan belum cukup, maka mencari pekerjaan tambahan bisa Kamu lakukan untuk untuk mendapatkan tambahan uang.

Namun, Kamu juga bisa memilih untuk tidak mencari pekerjaan tambahan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menghemat pengeluaran dengan mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kemudian diinvestasikan.

Tergantung kondisi Kamu, kemungkinan keduanya bisa Kamu lakukan. Yang utama, jika Kamu mau mencari uang untuk diinvestasikan, jangan berpikir untuk menggunakan dana yang didapatkan dari hasil berutang.

Sementara pilihan investasi sendiri bisa bermacam-macam. Dan kamu bisa mencoba melakukan simulasi perhitungan investasi dengan menggunakan aplikasi seperti Moneesa yang bisa diunduh di sini.

Selain itu bila ingin belajar menyehatkan keuangan sebelum berinvestasi di saham, kamu bisa melakukannya dengan belajar perencana keuangan bersertifikasi secara online (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita. Untuk info-info kelas secara online (self study) baik yang gratisan ataupun biaya terjangkau sekali, bisa dilihat di sini

Hal pertama sudah dibahas, lalu apa hal ke 2 yang harus kita ketahui agar investasi bisa maksimal? Tunggu di artikel selanjutnya.

(zlf/zlf)