Nabung Emas, Cara Kekinian Milenial Berburu Cuan

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 28 Mar 2021 19:31 WIB
Ilustrasi koin emas
Foto: Istock
Jakarta -

Emas bisa menjadi instrumen investasi yang tepat untuk generasi milenial ataupun generasi Z. Emas yang memiliki sifat safe haven dan lindung nilai tentu sangat cocok investor pemula.

Sebaik-baiknya investasi adalah dilakukan secara berkala atau menabung. Dengan begitu keuntungan yang bisa didapat akan lebih maksimal.

Nah saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membeli emas dalam bentuk logam mulia. Pertama bisa dilakukan dengan membeli langsung di PT Antam melalui butik emas maupun unit bisnis lainnya.

Pembelian emas Antam juga bisa dilakukan secara online melalui situs logam mulia. Melalui situs ini investor bisa melakukan transaksi baik beli maupun jual (buyback). Tersedia juga opsi pengambilan langsung.

Selain itu instansi keuangan lainnya juga saat ini menyediakan pembelian emas, seperti bank syariah. Bahkan ada yang menyediakan pembelian secara dicicil. Bisa juga dilakukan pembelian melalui berbagai toko emas.

Lalu di era digital ini, berberapa market place seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak juga menyediakan layanan pembelian emas. Ada juga program tabungan emas digital.

Terakhir ada Pegadaian yang kini cukup digandrungi untuk membeli emas. Menariknya perusahaan milik pemerintah ini juga menyediakan fasilitas menabung emas yang sudah ada sejak 2016. Prosesnya juga bisa dilakukan secara online.

1. Membuka Rekening Tabungan Emas secara Offline:

a. Datang ke Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian terdekat. Bawa dokumen asli dan fotokopi identitas diri (KTP/ Paspor) yang masih berlaku.

b. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.

c. Membayar biaya pembukaan rekening Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000

Hal yang harus diperhatikan lainnya:

-Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram sesuai dengan harga emas terkini.

Misalnya jika ingin membeli 1 gram per tanggal 1 Maret 2021, maka harga beli sebesar Rp 923.000.

-Jika membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram.

-Jika membutuhkan fisik emas batangan, kamu dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai kepingan yang dipilih.

-Untuk top up atau menabung, bisa setor dana melalui outlet Pegadaian, ATM.

-Minimal saldo rekening tabungan emas di Pegadaian adalah 0.1 gram dan untuk transaksi top up mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari.

-Transaksi penjualan emas bisa dilakukan di Kkantor cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

B. Cara Menabung Emas Melalui Online:

1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore.

2. Isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.

3. Lampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

4. Jika ingin mencetak buku tabungan emas, detikers harus datang ke outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian/Agen Pegadaian.



Simak Video "Pegawai KPK Dipecat Gegara Curi Barang Bukti Hampir 2 Kg Emas!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)