Round-Up Berita Terpopuler

Raffi Ahmad Beli Klub Bola, Investor Galau Gara-gara Bom

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 28 Mar 2021 20:59 WIB
CEO Prestige Motorcars Rudy Salim
Foto: CEO Prestige Motorcars Rudy Salim (detik20)

Mengenai impor beras, Indonesia pernah dilanda paceklik khususnya di pulau Jawa pada saat pemerintahan kolonial Hinda-Belanda. Lalu apa pemicu saat itu hingga harus impor beras?

Melansir Historia, Indonesia dulu pernah mengalami paceklik, khususnya di pulau Jawa. Sehingga pada 1910 pemerintah kolonial mengimpor beras dari Burma, India dan Tiongkok.

Beras impor itu dikirim lewat kapal-kapal dan berlabuh di Surabaya. Dari Surabaya, beras diangkut kereta api ke daerah di selatan Surabaya yang mengalami paceklik.

Tapi impor beras saat itu justru membawa petaka. Ternyata saat itu Burma sedang dilanda wabah pes. Beras yang diangkut menggunakan kereta api itu ternyata juga banyak tukus mati dan kutu. Setelah banyaknya masyarakat yang meninggal karena penyakit pes, pada 1911 pemerintah mengeluarkan status epidemi pes.

Memasuki era-era pemerintahan pasca RI merdeka impor beras juga masih dilakukan. Meskipun RI pernah mencapai swasembada pangan pada era Orde Baru tepatnya pada tahun 1984. Saat itu konsumsi nasional yang hanya 25 juta ton atau terdapat surplus hingga 2 juta ton.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Raffi Ahmad Lagi-lagi Absen Mediasi Gugatan Party Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]