Waduh! Ada Gerakan 'Mudik Dilarang Kami Tetap Pulang'

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 30 Mar 2021 13:36 WIB
Jakarta -

Mudik dilarang pemerintah tepatnya pada 6-17 Mei 2021 karena alasan masih pandemi COVID-19. Namun di media sosial justru muncul gerakan 'Mudik Dilarang Kami Tetap Pulang'.

Gerakan itu dibuat oleh salah satu akun di Instagram @teluu**rr. Dia membuat template 'Mudik Dilarang Kami Tetap Pulang, Lawan Plandemi dengan Silaturahmi: Fight For Freedom' dan mengajak masyarakat membagikan foto terbaik dengan menggunakan template tersebut.

"Yang mau mudik mana suaranya. (Template ada di slide terakhir)," begitu keterangannya dikutip detikcom, Selasa (30/3/2021).

Postingan itu langsung mendapat komentar dari para netizen, ada yang pro dan ada juga yang kontra.

"Mau sungkem sama ortu kok dilarang. Hidup mati Tuhan yang ngatur, bukan Corona!! Pejuang rupiah yang perantauan aku doain semoga bisa pulang lebaran tahun ini dan sehat selalu," kata netizen yang tidak setuju mudik dilarang.

"Kapan ditangkapny ni akun yaa, semoga cepet," timpal netizen lain yang tidak setuju dengan gerakan 'Mudik Dilarang Kami Tetap Pulang'.

Redaksi detikcom sudah mencoba melakukan konfirmasi terhadap pemilik akun instagram tersebut via direct message alias DM. Namun, hingga pukul 13.30 WIB, pemilik akun belum juga merespons pertanyaan detikcom.

Mudik DilarangMudik Dilarang Foto: istimewa

Untuk diingat, mudik dilarang sudah diumumkan pemerintah. Larangan itu tidak hanya berlaku untuk Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) dan karyawan BUMN, tetapi juga untuk karyawan swasta.

"Larangan mudik akan dimulai pada 6-17 Mei 2021 dan sebelum dan sesudah tanggal itu, diimbau pada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu," kata Menko PMK Muhadjir Effendy, dalam jumpa pers virtual, Jumat (26/3/2021).

(dna/dna)