Tiket Kereta Jarak Jauh Jakarta Baru Bisa Dipesan Sampai Jadwal 30 April

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 12:54 WIB
Penumpang membeli tiket Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan KLB pada 12-31 Mei 2020 dan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB hanya yang memenuhi syarat diantaranya pekerja di penanganan COVID-19, pertahanan, keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi penting, perjalanan darurat pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal dan repatriasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021. PT KAI (Persero) selaku operator moda transportasi kereta api menegaskan belum membuka penjualan tiket angkutan lebaran 2021.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyatakan tiket kereta api jarak jauh untuk perjalanan kereta dari Jakarta ataupun menuju Jakarta hanya dijual sampai jadwal perjalanan 30 April 2021.

Memasuki bulan Mei dan seterusnya, menurut Eva akan ada pemberitahuan lebih lanjut soal penjualan tiket kereta api jarak jauh dari dan menuju Jakarta.

"Hingga kini, KAI belum melayani penjualan tiket Angkutan Lebaran 2021, untuk Area Daop 1 Jakarta, layanan pemesanan tiket baru dibuka untuk keberangkatan KA sampai dengan 30 April 2021," ujar Eva dalam keterangannya, Rabu (31/3/2021).

Eva menambahkan saat ini seluruh calon pengguna kereta api wajib memiliki berkas pemeriksaan deteksi COVID-19. Ada tiga jenis pemeriksaan yang dapat dipilih oleh calon pengguna. Mulai dari PCR SWAB, tes GeNose dan rapid test antigen.

Di area Daop 1 Jakarta, layanan tes deteksi COVID-19 tersedia untuk tes GeNose dan rapid test antigen di stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Bekasi.

"Untuk menghindari resiko tertinggal KA, maka calon pengguna yang memilih tes deteksi COVID-19 di Stasiun melalui layanan GeNose atau rapid test antigen agar melakukan proses H-1 sebelum jadwal keberangkatan atau satu hari sebelumnya," ujar Eva.

Pada saat melakukan pembelian tiket Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose langsung pada aplikasi KAI Access. Biaya tes GeNose sebesar Rp 30.000 akan otomatis ditambahkan ke total pembayaran transaksi.



Simak Video "Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Hanya Untuk Perjalanan Mendesak"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/dna)