Penjelasan Shopee soal Tak Bisa Pilih Kurir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 15:39 WIB
Shopee
Shopee (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Ramai di media sosial pengguna Shopee tak bisa lagi memilih jasa pengiriman alias kurir. Jika sebelumnya pengguna bisa memilih jasa pengiriman kini hanya muncul satu jenis layanan.

Menanggapi hal tersebut Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handika Jahja mengungkapkan saat ini memang ada perubahan tampilan sistem jasa kirim. Dia memastikan seluruh pengguna baik pembeli maupun penjual dapat tetap memilih jasa pengiriman sesuai dengan preferensi masing-masing.

"Ini dilakukan untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik, yakni dengan menampilkan pilihan jasa kirim secara otomatis setelah pengguna membeli produk," kata dia kepada detikcom, Rabu (31/3/2021).

Ada pilihan layanan pengiriman yang diinginkan seperti pengiriman Instant, Same Day, Next Day, Reguler, Value Saver, Cargo dan Self Collection.

"Kami juga memahami bahwa pengguna mungkin belum terlalu akrab dengan perubahan tampilan UI/UX terbaru dari pembaruan sistem jasa kirim ini," jelas dia.

Handika mengungkapkan Shopee masih menyediakan pilihan bagi pengguna untuk tetap bisa melakukan perubahan jasa kirim yang diinginkan. Tapi hanya untuk pengiriman reguler dan hemat.

Kemudian dari sisi penjual juga bisa secara langsung memilih preferensi jasa kirim yang diinginkan di pengaturan yang terdapat di akun Seller Centre masing-masing. "Perlu dicatat, Shopee hanya akan mengalokasikan pemilihan jasa kirim secara otomatis berdasarkan metode pengiriman yang dipilih," tambah dia.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)