Ramai Shopee Nggak Bisa Pilih Kurir, Gimana Faktanya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 14:27 WIB
kantor shopee
Shopee (Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET)
Jakarta -

Ramai di media sosial pengguna e-commerce Shopee tidak bisa memilih jasa pengiriman alias kurir saat menyelesaikan transaksi.

Sebelumnya pengguna atau pembeli bisa memilih jasa pengiriman ekspedisi mana yang akan digunakan. Namun sekarang Shopee hanya menampilkan pilihan Reguler, Hemat, Instan, Kargo, Next Day, Same Day sampai Ambil di Tempat.

Dari informasi di akun Shopee ada pengumuman jika Shopee memang memperbarui sistem pemilihan jasa kirim yang secara otomatis dapat memilih layanan jasa kirim terbaik.

"Pemilihan akan disesuaikan dengan estimasi waktu dan kapasitas produk, agar pengguna dapat menerima pesanan lebih cepat dan mendapatkan ongkir yang lebih murah," tulis pengumuman tersebut, dikutip Rabu, (31/3/2021).

Kemudian Shopee juga menyebut jika pengguna masih bisa memilih jasa kirim dalam satu jam setelah pesanan berubah jadi "Sedang Dikemas" dan sebelum penjual memproses pesanan.

Shopee juga menuliskan ada syarat dan ketentuan jika ingin mengubah jasa kirim ini hanya berlaku untuk jasa kirim Reguler dan Hemat. Perubahan jasa kirim hanya dapat dilakukan maksimal 1 kali pesanan.

Lalu tak ada penambahan atau pengurangan dana pada pembeli maupun penjual saat mengubah jasa kirim. Kemudian Shopee membebankan tarif pengiriman berdasarkan jenis layanan pengiriman yang dipilih, lokasi yang dituju dan berat paket yang terhitung.

Detail untuk opsi jenis dan harga layanan pengiriman, tersedia dalam informasi pengiriman dan pengguna dapat memilih opsi yang diinginkan pada halaman.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)