Penumpang Bandara Kulon Progo dan Juanda Bisa Tes GeNose, Harganya Rp 40.000

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 09:49 WIB
Tes GeNose di Stasiun Bekasi
Foto: Tes GeNose di Stasiun Bekasi (Dok PT KAI)
Jakarta -

Bagi para penumpang pesawat keberangkatan dari Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya (SUB) sudah bisa melakukan tes GeNose sebagai syarat melakukan penerbangan. Harga layanan tersebut dibanderol Rp 40.000 per pernumpang.

PT Angkasa Pura I (Persero) mulai menggunakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: SE 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi COVID-19 yang telah dirilis pada Rabu 31 Maret 2021.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan layanan kebandarudaraan terbaik pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam memberikan tambahan layanan alat deteksi COVID-19 GeNose C-19 di bandara," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan resminya, Kamis (1/4/2021).

Meski sudah bisa menjajal tes COVID-19 dengan teknologi GeNose, Faik mengimbau kepada seluruh penumpang di dua bandara tersebut agar tidak mengandalkan teknologi GeNose sebagai pemenuhan syarat melakukan penerbangan. Sebab keterbatasan kapasitas pemeriksaan GeNose C-19.

Selain itu, dikatakan Faik, calon penumpang yang berencana menggunakan layanan GeNose C-19 di kedua bandara tersebut juga diharapkan dapat memperhatikan waktu operasional layanan, waktu kedatangan di bandara, dan prosedur layanan tersebut.

"Namun kami juga perlu menyampaikan bahwa kapasitas layanan GeNose C-19 pada tahap awal ini masih terbatas. Oleh karena itu, untuk menjaga ekspektasi calon penumpang dan menghindari penumpukkan antrean di dua bandara itu, kami menghimbau calon penumpang untuk memperhatikan beberapa hal," katanya.

"Beberapa di antaranya yaitu diharapkan calon penumpang untuk tidak bertumpu dan mengandalkan layanan GeNose C-19 saja karena keterbatasan kapasitas pemeriksaan mesin GeNose C-19 setiap jamnya. Selain itu, untuk menghindari penumpukan antrean, calon penumpang yang akan menggunakan layanan GeNose di bandara dianjurkan dapat tiba di bandara 3 sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan," tambahnya.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2