Bos Permen Fisherman's Friend Tutup Usia

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 10:23 WIB
Permen Fishermans Friend
Foto: Dok. Fisherman's Friend
Jakarta -

Pemilik merek permen pelega tenggorokan, Fisherman's Friend bernama Doreen Lofthouse meninggal dunia. Pengusaha wanita itu meninggal pada usia 91 tahun.

Dikutip dari BBC, Kamis (1/4/2021) Doreen Lofthouse, yang dikenal sebagai ibu Fleetwood, mulai menyebarkan obat pelega tenggorokan mentol ke seluruh dunia pada tahun 1960-an.

Lofthouse disebut sebagai seorang pionir sejati dengan kemurahan hatinya juga telah membantu mengubah Fleetwood. Permen Fisherman's Friend awalnya dikembangkan oleh apoteker James Lofthouse pada 1865 untuk meredakan berbagai gangguan pernapasan yang biasa diderita nelayan. Selama 100 tahun berikutnya, mereka hampir tidak dikenal di luar komunitas nelayan.

Namun berkat keterampilan kewirausahaan Lofthouse, yang menikah dengan cucu James, Tony, merek permen itu sekarang tersedia di 120 negara, menghasilkan pendapatan tahunan perusahaan lebih dari 55 juta poundsterling setara Rp 1 triliun (kurs Rp 20.024).

Uniknya, bentuk permen Fisherman's dibentuk berdasarkan desain kancing di salah satu gaun yang biasa dikenakan Lofthouse ke kantor. Atas kekayaannya, selama 30 tahun terakhir Lofthouse dan keluarganya telah memberikan puluhan juta pound untuk mendanai proyek komunitas di kota, termasuk restorasi The Mount baru-baru ini.

Kepala Eksekutif Wyre Council, Garry Payne, mengaku sangat sedih mendengar kematian Lofthouse. Menurutnya Lofthouse sosok wanita perintis sejati dan peduli.

"Nyonya Lofthouse adalah perintis sejati Fleetwood. Dia adalah wanita yang sangat peduli dengan kota dan saya berterima kasih atas semua yang telah dia lakukan," katanya.

Lofthouse of Fleetwood mengatakan Lofthouse memiliki fokus dan dedikasi yang luar biasa serta merupakan pendukung yang kuat dari komunitas lokal dan pada saat yang sama tetap peduli kepada teman dan keluarganya.

Wali dari Fleetwood Museum, Dick Gillingham berkata Lofthouse seorang wanita luar biasa yang akan dikenang di Fleetwood selama bertahun-tahun yang akan datang.

(eds/eds)