Kisah Inspiratif

Kisah Om Liem, 'Gelandangan' China yang Ciptakan Indofood

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 08:40 WIB
Ilustrasi Sudono Salim alias Om Liem
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Masyarakat Indonesia tentunya kenal dengan merek Indofood. Berbagai produk Indofood dikonsumsi masyarakat Indonesia setiap harinya.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) adalah milik Salim Group yang didirikan oleh Soedono Salim atau yang akrab dipanggil Om Liem.

Meski sudah menutup mata, nama Om Liem masih harum di dunia bisnis Indonesia. Om Liem adalah salah satu konglomerat tersukses di Tanah Air yang meninggalkan begitu banyak prestasi.

Namun, semua keberhasilannya tak diperolehnya secara instan. Ia bahkan dulunya pernah hidup miskin bagaikan gelandangan di negeri kelahirannya, yakni China daratan.

Om Liem lahir di Fuqing sebuah desa kecil di wilayah Fujian, China bagian selatan pada 16 Juli 1916. Ia lahir dengan nama Lim Sioe Liong.

Ia adalah anak kedua dari seorang petani. Di masa kecilnya, ia hidup dengan sangat kekurangan. Ia juga terpaksa putus sekolah pada usia 15 tahun dan berjualan mie di sekitar tempat tinggalnya.

Kemiskinan itulah yang mendorongnya hijrah ke Indonesia, mengikuti jejak sang kakak yang sudah terlebih dahulu tiba di Tanah Air. Om Liem tiba di Indonesia pada tahun 1939, ketika dimulainya Perang Dunia II.

Kisah perjuangan Om Liem dituliskan dalam buku 'How Chinese are Entrepreneurial Strategies of Ethnic Chinese Business Groups in Southeast Asia? A Multifaceted Analysis of the Salim Group of Indonesia' karangan Marleen Dieleman yang diterbitkan pada tahun 2007. Buku ini mengambil data dari berbagai sumber, salah satunya adalah laporan tahunan resmi perusahaan Salim Group.

Seperti apa sepak terjang Om Liem saat mendirikan bisnis di Indonesia? Klik halaman selanjutnya.

Lihat juga video 'Lays hingga Cheetos akan Setop Produksi di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]