Ridwan Kamil Colek Para 'Sultan': Bela Negara dengan Belanja Produk UMKM

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 03 Apr 2021 12:08 WIB
Ridwan Kamil sebut ekonomi digital di Jabar tumbuh di tengah pandemi
Foto: Siti Fatimah: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta para orang kaya belanja produk-produk UMKM. Hal ini disampaikan Ridwan Kamil dalam acara UKM Jabar Paten.

Menurut Ridwan Kamil membelanjakan produk buatan tanah air sama seperti membela negara. Pandemi COVID-19, banyak pelaku usaha khususnya UKM yang terpuruk. Oleh karenanya dibutuhkan bela negara dari berbagai profesi agar ekonomi nasional pun kembali bangkit.

"Kita tidak boleh menyerah atas COVID, setahun kita berjuang perang melawan musuh yang tidak melihat, kalau dulu penjajah sekarang lawan COVID," kata Ridwan Kamil yang disiarkan YouTube KemenkopUKM, Sabtu (3/4/2021).

Selama pandemi COVID-19, para tenaga kesehatan (nakes) dan dokter menjadi garda terdepan menangani virus yang sudah berjalan lebih dari setahun. Aksi para nakes dan dokter ini sama seperti bela negara.

Begitu juga dengan orang-orang kaya, bisa melakukan aksi bela negara dengan berbelanja produk-produk UMKM.

"Maka kita sekarang harus bela negara dengan profesi nakes, anda yang punya harta bela negara dengan harta, belanja lah, anda yang punya ilmu berbaktilah, anda yang punya tenaga menjadi relawan UKM," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan seluruh masyarakat bisa membela negara sekalipun tidak memiliki harta yang banyak. Menurut dia, menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai ketentuan merupakan aksi bela negara dari pandemi COVID-19.

"Sisanya dari kita bela negara dengan tekankan protokol kesehatan dimanapun, mentaati yang ditetapkan pemerintah," kata Ridwan Kamil.

(hek/hns)