Baru Mulai Bisnis? Ini 5 Tips untuk Gaet Konsumen

Inkana Putri - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 16:00 WIB
Ilustrasi bisnis online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perkembangan bisnis di Indonesia semakin terus meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mulai membuka usaha kecil. Namun, bisnis yang sukses tentunya perlu strategi yang tepat salah satunya dalam menggaet konsumen.

Bagi kamu yang baru mulai bisnis atau ingin menggaet lebih banyak konsumen, cobalah kelima tips yang dirangkum dari Forbes berikut ini.

1. Perluas Jaringan dan Kerja Sama

Salah satu hal penting untuk menggaet konsumen adalah dengan memperluas jaringan dan menjalin kerja sama. Kamu bisa mulai dengan bertemu orang baru atau bergabung grup khusus para pebisnis dan mulailah menawarkan produk kepada mereka. Kamu juga bisa meminta teman dan kerabat untuk mempromosikan bisnis kamu.

Di samping itu, cobalah juga untuk menjalin kerja sama dengan bisnis lain. Misalnya, jika kamu menjual produk bayi, bekerja sama dengan pebisnis baju hamil menghasilkan kemitraan yang baik.

2. Update Website

Di zaman serba digital saat ini, kamu tentu perlu merambah ke bisnis online. Pasalnya, belanja online saat ini menjadi cara utama konsumen dalam melengkapi kebutuhannya.

Kamu bisa mulai dengan membuat website dan melakukan update secara rutin dan optimalkan SEO dalam website kamu. Ubahlah juga desain website menjadi lebih sederhana sehingga kecepatan membuka website kamu jauh lebih cepat. Jika kamu tidak memiliki keahlian internal, kamu bisa sewa pakar desain website atau SEO untuk membantu.

3. Buat Program Loyalitas

Dalam berbisnis, pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menjaga para konsumen hingga menjadi pelanggan setia.

Agar para pelanggan tetap berbelanja di toko kamu, cobalah untuk membuat program loyalitas pelanggan, yakni dengan meminta mereka memberikan referensi ke orang lain. Hal ini mengingat pelanggan kamu saat ini bisa jadi salah satu sumber pelanggan baru.

Buat para pelanggan setia, kamu bisa beri royalti kepada mereka dengan memberikan diskon. Selain itu, kamu pun bisa memberikan pelanggan giveaway jika berhasil membawa temannya belanja di tokomu.

4. Pantau Review & Ratings

Menjual produk di marketplace saat ini menjadi hal yang banyak dilakukan pebisnis. Namun, di samping menjual produk, kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk gaet konsumen.

Konsumen sering kali melihat marketplace dan mengecek review dan rating sebelum membeli produk. Jadi, pastikan kamu selalu melayani konsumen dengan baik sehingga toko kamu punya rating dan review yang bagus. Dengan begitu pelanggan baru kemungkinan besar akan mencoba membeli produk di tokomu.

5. Beri Diskon & Promo

Saat berbelanja, selain kualitas mayoritas konsumen tentunya mencari diskon dan promo. Kamu bisa memanfaatkan keduanya untuk memikat konsumen. Beberapa promo dan diskon yang bisa kamu manfaatkan antara lain buy one get on, gratis ongkos kirim, atau diskon untuk pembelian barang selanjutnya. Dengan begitu, kamu akan menggaet lebih banyak konsumen.

Bicara soal diskon dan promo, setiap bulannya Shopee selalu menghadirkan kampanye dengan beragam penawaran mulai dari Flash Sale, Gratis Ongkir hingga promo COD. Para Shopee Seller dapat memanfaatkan penawaran ini untuk menggaet para konsumen untuk berbelanja.

Terlebih pada 5 April, Shopee juga menghadirkan Mega Clearance Day 5 April 2021 di Shopee 4.4 Mega Shopping Day! Ada COD Gratis Ongkir RP0, Serba Seribu, dan Diskon hingga 99%!



Simak Video "Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Online"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)