Target Erick Thohir: 20% Direksi BUMN Diisi Perempuan di 2023

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 13:55 WIB
Menteri BUMN bersama Menhub dan Gubernur DKI Jakarta resmikan stasiun terpadu Tanah Abang. Keberadaan stasiun ini diharapkan dapat memudahkan mobilisasi warga.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan pimpinan dari kalangan perempuan bisa mencapai 15% tahun ini. Saat ini total pengurus perusahaan BUMN perempuan baru mencapai 11%.

Ia mengungkapkan pada 2023 ditargetkan ada 20% pimpinan perempuan di BUMN. Dia mengharapkan perempuan bisa mengisi peran strategis di BUMN. Karena itu Erick memiliki kebijakan untuk meningkatkan porsi jabatan perempuan di BUMN.

"Tahun ini diharapkan bisa 15% dan 2023 jadi 20% dari total," kata dia usai acara pelantikan FHCI BUMN, Rabu (7/4/2021).

Erick Thohir menyampaikan hal ini karena perempuan Indonesia tak hanya aktif dalam ekonomi. Tapi juga aktif menjadi ibu rumah tangga dan mendidik anak-anaknya.

Menurut Erick suasana kerja di BUMN dan Kementerian saat ini harus baik dan sehat. Kemudian Erick menyebut dia juga akan berupaya menjaga agar tak terjadi sexual harashment dan memberikan perlindungan bagi pekerja wanita.

"Ini akan kita sambungkan ke pemimpin muda. Agar bisa menjadi leader dan suasana bekerjanya harus baik," jelas dia.

Erick Thohir menambahkan saat ini pimpinan muda di BUMN khususnya direksi yang berusia di bawah 42 tahun baru sekitar 4%. Tahun ini ditargetkan bisa mencapai 5%.

Tonton juga Video: Biden Tunjuk 2 Jenderal Perempuan Calon Pemimpin Komando Militer AS

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

Tag Terpopuler