300 Lokasi Disekat, Menhub: Bapak Ibu Tidak Mudik, Tinggal di Rumah!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 18:12 WIB
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperketat sejumlah akses sebagai upaya untuk melarang mudik. Di darat, sebanyak 300 lokasi akan disekat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengimbau agar masyarakat tidak melanjutkan rencana mudik dan tinggal di rumah.

"Berkaitan dengan darat kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi sehingga kami menyarankan bapak ibu tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah," katanya saat menyampaikan Hasil Sidang Kabinet Paripurna, Rabu (7/4/2021).

"Kita juga melihat adanya penggunaan kendaraan pribadi bahkan mobil bus plat hitam, truk plat hitam kita akan melakukan tindakan tegas apabila itu dilakukan," tambahnya.

Pihaknya juga mengantisipasi pergerak di laut. Budi Karya bilang, akan memberikan fasilitas hanya bagi mereka yang dikecualikan dari larangan mudik. Tambahnya, fasilitas itu diberikan secara terbatas.

"Bagi daerah yang memang secara khusus banyak melakukan mudik seperti di Riau, Kalimantan ke Jawa dan di Jawa Timur saya mengimbau tidak dilakukan mudik," ujarnya.

Budi Karya menambahkan, pihaknya juga akan mengurangi pasokan kereta api.

"DI kereta api kita melakukan pengurangan suplai hanya memberikan kereta luar biasa," katanya.



Simak Video "Selama Larangan Mudik, Sekitar 8.000 Kendaraan di DIY Diputar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)