Duh! 200-an Pengusaha Apindo Diramal Bangkrut Gara-gara Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 14:21 WIB
Hariyadi Sukamdani-Ketua Umum APINDO
Foto: Dana Aditiasari-detikFinance
Jakarta -

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan sepertiga dari 600 pengusaha ataau sekitar 200 pengusaha dipastikan tidak mampu mempertahankan bisnis karena pandemi COVID-19. Sepertiga pengusaha itu hanya mampu mempertahankan selama 1 tahun.

Hal itu diungkapkan Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021, Kamis (8/4/2021).

"Waktu kita tanya kalian bisa bertahan itu bagaimana, kalau memang kondisinya seperti tidak ada perubahan sepertiga mereka akan tidak bisa bertahan lebih dari 1 tahun," kata Hariyadi.

Pada awal Januari 2021, Apindo melakukan riset kepada 600 pengusaha yang merupakan anggotanya. Riset tersebut menghasilkan sebanyak 44% pengusaha mengaku penjualannya turun lebih dari 50% selama pandemi COVID-19 tahun 2020.

"Di tahun 2021 itu sudah mengecil, tadinya 44% menjadi 24%," jelasnya.

Masih dari hasil riset Apindo, Hariyadi mengatakan kebanyakan pengusaha yang bertahan dengan menjalankan strategi efisiensi, mulai dari biaya operasional, organisasi kepengurusan, hingga tenaga kerja.

"Dari sisi strategi bisnis melakukan efisiensi biaya, termasuk perampingan organisasi atau menyusutkan jumlah tenaga kerja. Lalu melakukan penyesuaian terhadap kuantitas dan kualitas, jadi mereka lebih banyak dibiaya," ungkapnya.



Simak Video "Ketum Apindo Jadi Saksi Soal Cuitan 'Pengusaha Rakus' Jumhur Hidayat"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)