Ada KUR Super Mikro buat Alumni Kartu Prakerja, Airlangga: Mesti Dibayar

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 18:11 WIB
Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: dok. Screenshot/detikcom
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang secara khusus ditujukan buat para alumni peserta Kartu Prakerja yakni KUR super mikro. Meski begitu, masyarakat umum lainnya juga diperbolehkan mengajukan KUR ini.

"Para lulusan dari Kartu Prakerja bisa ditawarkan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang besarnya di bawah Rp 10 juta," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Selain KUR super mikro, ada program KUR dengan pembiayaan yang lebih besar yaitu KUR mikro, KUR kecil, hingga KUR TKI. Diharapkan, para alumni peserta Kartu Prakerja bisa mengembangkan usahanya sebaik mungkin usai mengakses KUR Super Mikro lalu bisa mengakses KUR yang lain.

Airlangga kemudian mengingatkan para alumni peserta Kartu Prakerja bahwa program KUR ini bukan bantuan sosial.

"KUR adalah pinjaman bukan bansos, jadi mesti dibayar," ucapnya.

Meski begitu, ada subsidi bunga dari 6% kini hanya 3%. Rencananya pemerintah juga memperpanjang subsidi bunga KUR sebesar 3% hingga Desember 2021.

"Pemerintah juga sudah me-review program KUR ini yang semula bebas jaminan atau bebas agunan yang besarnya kurang dari Rp 50 juta sedang di-review untuk bebas agunan sampai Rp 100 juta," ucapnya

(ara/ara)