Catat! Ini KA Perkotaan yang Masih Boleh Angkut Penumpang 6-17 Mei

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 19:49 WIB
Pekerja membersihkan rumput di Depo Cipinang, Jakarta Timur, Minggu (21/3/2021). Kementerian Perhubungan menyatakan Depo Cipinang merupakan depo kereta api terbesar di Indonesia yang memiliki 28 jalur kereta, mampu merawat 144 lokomotif dan 120 gerbong kereta per hari serta dibangun di atas lahan seluas sembilan hektare dengan biaya hampir Rp500 miliar. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Pada periode 6-17 Mei 2021, pemerintah melarang kegiatan seluruh moda transportasi. Ketentuan itu seiringan dengan larangan mudik Lebaran 2021 yang dikeluarkan pemerintah melalui Surat Menko PMK no S-21 tanggal 31 Mei 2021.

Namun, ada pengecualian bagi kereta api (KA) perkotaan di beberapa wilayah aglomerasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), wilayah aglomerasi yang masih boleh dilintasi KA perkotaan yang mengangkut penumpang antara lain Jabodetabek, Rangkas, Bandung Raya, dan kawasan aglomerasi Surabaya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Danto Restyawan menerangkan, KA perkotaan di wilayah tersebut masih boleh mengangkut penumpang dengan pembatasan jam operasional serta. Jumlah KA yang beroperasi pun akan dibatasi.

"Kalau untuk angkutan perkotaan tetap berjalan tapi akan pembatalan frekuensi dan pembatasan jam operasional," tegas Restyawan dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/4/2021).

Adapun rute KA perkotaan di wilayah aglomerasi tersebut yang boleh mengangkut penumpang selama periode 6-17 Mei antara lain:
1. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (termasuk Cikarang), Rangkas.
2. Padalarang, Bandung, Cicalengka.
3. Kutuarjo, Yogyakarta, Solo.
4. Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Mojokerto, Gresik.

Untuk wilayah aglomerasi atau perjalanan KA penumpang dalam kota selain di atas akan ditutup selama periode 6-17 Mei 2021.



Simak Video "Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)