THR PNS Jadi Cair Awal Mei? Ini Kata Kemenkeu

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 14 Apr 2021 14:19 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikabarkan cair Mei alias bulan depan jika tidak ada perubahan mendadak. Lantas, apakah saat ini pencairan tersebut masih sesuai jadwal?

"Kita tunggu saja pengumumannya nanti," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata kepada detikcom, Rabu (14/4/2021).

Mengacu pada jadwal di tahun-tahun sebelumnya, THR PNS diberikan paling lambat 10 hari kerja sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri. Jika Lebaran jatuh pada 12 Mei 2021, kemungkinan THR PNS akan cair pada awal Mei 2021.

Namun hingga saat ini pemerintah belum merilis aturan terkait pencairan THR PNS. Aturan berupa peraturan pemerintah (PP) tentang pencairan THR PNS biasanya diterbitkan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk besarannya, Dirjen Bea Cukai Kemenkeu, Askolani saat masih menjabat sebagai Dirjen Anggaran pernah mengatakan bahwa THR PNS 2021 akan diusahakan diberikan secara penuh. Berbeda dengan Lebaran sebelumnya, di mana pencairan tidak penuh karena pemerintah banyak mengalihkan anggaran belanja pegawai untuk penanganan COVID-19.

"Kebijakan penggajian tahun 2021 adalah pemberian THR dan G13/Pensiunan 13 yang diharapkan diberikan secara full," kata Askolani kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 15 tahun 2019 tentang gaji PNS, gaji yang diterima PNS dikategorikan dengan beberapa golongan, yakni dari yang masa kerja terendah hingga masa kerja tertinggi.

PNS golongan I masa kerja 0 tahun menerima gaji Rp 1,56 juta per bulan dan PNS golongan IV masa kerja 32 tahun, menerima gaji hingga Rp 5,9 juta.

Berapa THR PNS? Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak juga Video: Sederet Sanksi Bagi Perusahaan yang Tidak Bayar THR 2021

[Gambas:Video 20detik]