Vaksinasi Ngefek Genjot Pengunjung di Pasar Tanah Abang?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 12:45 WIB
Pasar Tanah Abang/Trio-detikcom
Foto: Pasar Tanah Abang/Trio-detikcom
Jakarta -

Vaksinasi virus Corona yang sedang digalakkan pemerintah diharapkan dapat membangkitkan perekonomian. Sebab, vaksinasi akan meningkatkan kekebalan masyarakat sehingga tujuan akhirnya menyelesaikan pandemi COVID-19.

Pedagang di Pasar Metro Tanah Abang pun sudah mulai merasakan dampak positif dari vaksinasi yang sudah dilakukan. Pedagang di pusat grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara itu bahkan menjadi salah satu prioritas untuk divaksinasi.

Setelah dilakukan vaksinasi, Lexi penjual produk tenun dan batik menilai mulai terjadi peningkatan jumlah pengunjung. Pedagang Pasar Tanah Abang sendiri sudah divaksin per Februari lalu.

"Sepertinya efektif banget ya setelah divaksinasi. Jadi orang mungkin juga lebih berani untuk datang belanja di Tanah Abang. Memang efeknya berasa sih setelah vaksin kemarin itu ya waktu bulan Februari ya. Jadi memang pengunjungnya mulai terlihat," kata dia saat berbincang dengan detikcom, Kamis (15/4/2021).

Rintan, penjual jaket, sweater, dan hoodie pun memiliki harapan besar dari vaksinasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Harapannya, itu akan meningkatkan pengunjung Pasar Tanah Abang.

Saat ini, pasar memang belum seramai dibandingkan sebelum pandemi COVID-19. Bahkan omzet pedagang masih anjlok. Rintan pun beranggapan bahwa orang-orang masih ada yang takut berkunjung ke Pasar Tanah Abang karena dihantui oleh pandemi COVID-19. Jadi, vaksinasi diharapkan dapat mengatasi masalah itu.

"Iya semoga saja bisa lah. Dengan adanya vaksin ini kan kemungkinan virusnya juga semakin mengecil. Semoga saja kedepannya makin baik lagi," tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyampaikan keyakinannya bahwa dengan vaksinasi ekonomi segera bangkit kembali.

Jokowi mengatakan jika 70% dari masyarakat Indonesia sudah divaksinasi akan terjadi kekebalan komunal. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi lagi penularan COVID-19.

Jika vaksinasi terus dilakukan, Jokowi yakin ekonomi bisa kembali pulih. Sebab kegiatan sosial dan ekonomi akan kembali seperti sediakala.

"Kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi bisa bangkit kembali dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya," ucapnya Kamis (25/3/2021).



Simak Video "Pasar Tanah Abang Terpuruk, Penghuninya Perlahan 'Hilang'"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)