Ekonomi China Meroket 18,3% di Kuartal I, Tertinggi dalam 30 Tahun

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 16 Apr 2021 13:25 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

China melaporkan pertumbuhan kuartalan terkuatnya dalam hampir tiga dekade atau 30 tahun. Ekonomi terbesar kedua di dunia itu mengungkap ekonominya tumbuh 18,3% pada kuartal I-2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dikutip dari CNN, Jumat (16/4/2021) laporan itu dari statistik pemerintah China yang baru saja dirilis hari ini. Pertumbuhan kuartalan itu menjadi yang terbaik sejak 1992, ketika China mulai menerbitkan angka-angka pertumbuhan ekonominya.

Dalam laporan itu, ekonomi China terus menguat meski tahun lalu negara menutup ekonomi untuk menahan penularan kasus COVID-19. Pada kuartal I-2020 saja ekonomi China tercatat bertumbuh 0,6%, dan kuartal IV-2020 ekonominya naik lagi ke 6,5%.

China juga disebut-sebut sebagai satu-satunya ekonomi besar yang mencatat pertumbuhan pada tahun 2020, pertumbuhannya 2,3% di saat banyak negara berjuang untuk menahan pandemi COVID-19. Otoritas China menyebut kinerja tahun lalu lebih baik dari perkirakan.

Semua angka pertumbuhan itu menunjukkan pemulihan ekonomi China terus menguat. China juga disebut telah berkinerja baik dibandingkan dengan negara lain di dunia.

Namun di sisi lain, statistik bea cukai China menunjukkan impor China melonjak lebih dari 38% bulan lalu dalam dolar AS dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Laporan itu menjadi bukti permintaan di China meningkat. Sementara ekspor China tumbuh hampir 31%.

(ara/ara)