RI Mesti Genjot Jumlah Pengusaha Agar Ekonomi Bangkit

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 17 Apr 2021 23:00 WIB
RI butuh pengusaha baru supaya bisa genjot ekonomi
Foto: Dokumen MES DKI Jakarta
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid menilai Indonesia kekurangan pengusaha. Padahal, pelaku usaha baru bisa mendorong pemulihan ekonomi.

Di sisi lain, ekonomi nasional perlahan mulai bangkit dari dampak COVID-19. Dia pun meminta semua pengusaha nasional terlibat dan membantu menciptakan pelaku usaha baru tanah air.

"Supaya dan agar bisa membuat lapangan pekerjaan yang lebih besar. Dengan membuat lapangan kerja lebih besar, akhirnya adalah mengurangi kemiskinan," kata dia di acara Pelantikan Pengurus MES DKI Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

Dia menilai pemerintah sudah mendukung iklim berusaha melalui berbagai kebijakan yang diterbitkan. Tujuannya, agar tercipta lebih banyak lagi pengusaha di Indonesia. Ia menyinggung kebijakan-kebijakan Menteri BUMN yang juga Ketua MES, Erick Thohir, yang membuat perusahaan induk (holding) BUMN ultra mikro.

"Itu juga untuk membantu UMKM, dan itu ke depannya kita membuat pondasi, dengan cara membuat usaha-usaha mikro kecil menengah," kata calon ketua umum Kadin itu.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah ini menilai ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam menciptakan pangusaha-pengusaha baru. Antara lain literasi digital dan literasi keuangan. Hal tersebut menurutnya penting untuk keberlangsungan usaha di era modern ini.

"Familiarization terhadap digitalisasi itu penting sekali, di sini bagaimana unsur unsur digital, bisa membantu pengusaha," ungkapnya.

(kil/hns)