Hati-hati! Ada Undian PS5 Gratis Ternyata Maling Data

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 12:52 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

PlayStation 5 diluncurkan pada tahun lalu. Ketenaran PS5 ini membuat orang tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan situasi dengan penipuan berkedok give away atau undian.

Dari riset kaspersky.com hati-hatilah dengan email pengumuman hadiah tersebut. Misalnya ada email dari India Pharma yang merupakan sebuah perusahaan farmasi.

Lalu dalam email tersebut juga ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun ukuran huruf sangat kecil sehingga sebagian orang tak bisa membaca kalimat tersebut.

Kemudian penerima email akan diminta untuk mendaftarkan alamat email di link tersebut. Selanjutnya akan dikirimkan tautan berikut yang jika diklik akan muncul logo Amazon walaupun link bukan amazon.com.

Selain itu juga akan muncul tulisan yang memberikan selamat jika penerima email merupakan orang yang beruntung dan berhak mendapatkan hadiah PS5. Selanjutnya pemenang akan diminta untuk mengisi survei singkat.

"Ini tentu saja contoh dari taktik phising," tulis laporan tersebut, dikutip Senin (19/4/2021).

Jika survei sudah diisi, selanjutnya meminta pemenang untuk menggerakkan wheel of fortune alias roda keberuntungan.

Penipu ini juga menjanjikan biaya pengiriman ke alamat pemenang dalam jangka waktu satu minggu. Selanjutnya ada formulir untuk pengisian alamat, kode pos nomor telepon dan email.

Kemudian form ini juga meminta data perbankan anda. Seperti detail kartu kredit dan kode CVV2/CVC2.

Nah untuk mencegah penipuan dengan teknik ini. Ada baiknya jika detikers selalu memperhatikan baik-baik alamat email yang masuk ke inbox.

Kemudian periksa seluruh informasi tentang hadiah dan promo lainnya di situs resmi penyelenggara.

Selanjutnya jangan pernah langsung mengklik tautan yang ada di email. Data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon sampai data perbankan harus dijaga. Jangan pernah memasukkan ke form yang mencurigakan.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)