Rayakan Kartini, Sri Mulyani: Peran Perempuan Nyata Dalam Peradaban

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 12:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaknai Hari Kartini 2021 sebagai momen peringatan untuk meneruskan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini di masa lalu. Berkat beliau lah kini perempuan punya posisi yang setara dengan para laki-laki.

"Di indonesia kita mengenal sosok Raden Adjeng Kartini, beliau lah yang terus memperjuangkan betapa pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan karena peranan perempuan yang begitu nyata dan penting dalam mendidik keluarganya dan bahkan dalam membangun peradaban yang berkeadilan," katanya dalam seminar nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah secara virtual, Rabu (21/4/2021).

Sri Mulyani mengatakan keberadaan perempuan kini semakin memiliki peranan yang penting, termasuk untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Dia mengungkap betapa bermanfaatnya jika suatu negara memberikan kesempatan yang sama untuk perempuan, di mana nilai tambah perekonomian bisa meningkat hingga 26%.

"Secara global apabila sebuah perekonomian memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk bisa berkontribusi, maka perekonomian global akan mendapat manfaat sebesar US$ 12 triliun pada 2025. Kalau untuk kawasan Asia Pasifik, adanya kesamaan gender dan peranan perempuan yang sama di bidang perekonomian akan memberikan nilai tambah hingga US$ 4,5 triliun," imbuhnya.

Tak hanya sampai di situ, di Hari Kartini 2021 ini juga Sri Mulyani menyebut bahwa kontribusi perempuan yang menjadi wirausaha semakin meningkat. Saking bermanfaatnya bagi ekonomi, Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) itu mengaku akan memberikan dukungan bagi munculnya para wirausahawan perempuan.

"Kita akan terus mengembangkan dan terus memberikan kesempatan yang sama, berbagai instrumen keuangan maupun program pemerintah memberikan dukungan bagi munculnya para wirausahawan perempuan yang tangguh dengan menggunakan platform konvensional maupun syariah. Dalam bidang ekonomi ini kita terus akan meningkatkan peranan perempuan agar mereka bisa memberikan kontribusi yang luar biasa," bebernya.

"53,76% UMKM kita dimiliki oleh perempuan dan 97% karyawannya adalah perempuan yang telah berkontribusi dalam perekonomian kita adalah sangat besar 61%. Di bidang investasi kontribusinya bahkan 60% dan mereka juga sudah memiliki daya kompetensi ekspor dengan memberikan pangsa hingga 14,4%," tambahnya.

Tonton juga Video: Anak-anak Belajar Mengenali Sosok Kartini Lewat Rangkaian Puzzle

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)