Pandemi Nggak Ngaruh, Ini 10 Negara Terbesar Dunia!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 15:56 WIB
Deretan Negara yang Kebijakan Ekonominya Keren dalam Hadapi Corona

Pandemi Corona membuat perekonomian di berbagai negara mengalami krisis global. Ada beberapa negara yang telah menerapkan strategi ekonominya dengan matang. Seperti Australia, Malaysia, Singapore dan Jepang.
Foto: Getty Images/Carl Court
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah mengguncang perekonomian banyak negara dan beberapa di antaranya masuk ke jurang resesi. Pandemi ini juga akan membuat perubahan dalam daftar peringkat negara ekonomi terbesar di dunia.

Berdasarkan analisis CNBC, Amerika Serikat, China, Jepang dan Jerman masih berada di empat teratas sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. CNBC sendiri membandingkan produk domestik bruto di berbagai negara yang mengacu data outlook ekonomi dunia IMF.

Dalam perubahan peringkat ini, Korea Selatan diperkirakan masuk dalam daftar 10 negara terbesar di dunia.

Lebih lanjut, India menempati posisi kelima di dunia pada tahun 2019. Tahun lalu, peringkat India turun ke posisi enam di bawah Inggris. India diperkirakan tak akan mendapatkan posisinya kembali hingga 2023.

"Negara Asia Selatan tidak akan mendapatkan kembali tempat kelima dalam peringkat ekonomi global hingga 2023," menurut analisis CNBC seperti dikutip detikcom, Rabu (21/4/2021).

India telah melakukan lockdown tahun lalu ketika berjuang melawan Corona. Ekonomi India diproyek IMF mengalami kontraksi 8% pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2021.

Kemudian, Brasil yang berada di peringkat ke-9 tahun 2019, turun posisinya ke peringkat 12 tahun lalu. Negara tersebut menjadi satu-satunya yang keluar dari 10 besar.

Negara mana lagi yang kebal pandemi? daftar lengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2