Pesan Kartini Susi Pudjiastuti: Wanita Bisa Jadi Apa dan Siapa Saja!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 16:13 WIB
Susi Pudjiastuti
Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Susi Pudjiastuti mengucapkan selamat Hari Kartini 2021 kepada seluruh wanita Indonesia. Dia berharap peringatan ini bisa mengingatkan perjuangan dan pemikiran dari seorang Raden Adjeng (RA) Kartini.

Dalam video berdurasi 1 menit 8 detik, eks Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengajak seluruh wanita untuk meneruskan cita-cita RA Kartini terkait emansipasi. Menurutnya jika laki-laki bisa, bukan tidak mungkin wanita juga bisa.

"Saya Susi Pudjiastuti ingin mengucapkan selamat Hari Kartini. Kita peringati hari kelahiran Raden Adjeng Kartini dengan terus meneruskan cita-cita emansipasi, berkarya, berkarir untuk wanita. Tidak boleh lagi ada diskriminasi, ada perbedaan," kata Susi dikutip dari Twitter resminya, Rabu (21/4/2021).

"Lelaki bisa, wanita pun pasti bisa," tambahnya.

Susi menilai saat ini kedudukan wanita sudah bisa menjadi apa saja dan siapa saja. Dia mencontohkan adanya prajurit yang berasal dari seorang wanita di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung, yang umumnya diisi oleh laki-laki.

"Di sini saya bersama Bapak Bupati Pangandaran kedatangan tamu dan Lanal bandung, wanita. Jadi wanita bisa menjadi apa saja dan menjadi siapa saja. Tidak usah takut, tidak usah khawatir, emansipasi selalu kita bisa capai," tegasnya.

Menurutnya, kerja keras hingga konsistensi adalah kunci untuk membuat wanita bisa melakukan apa saja yang diinginkan.

"Bila mau, wanita bisa melakukan dan menjadi apa saja yang dia inginkan. Tentu kerja keras, konsistensi dan integritas menjadi modal utama juga. Wanita bisa," tulisnya dalam ucapan Hari Kartini.

Lihat Video: Hari Kartini, Sri Mulyani: Perempuan Itu Pendidik Pertama

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)