Rekor! Cincin Berlian 25 Karat di Australia Laku Rp 13,75 M

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 11:33 WIB
berlian
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sebuah cincin berlian berhasil laku dilelang dan harga jualnya mencetak rekor di Sydney, Australia. Cincin ini laku dilelang lebih dari 1 juta dolar Australia.

Cincin itu memiliki batu utama berlian berbentuk zamrud persegi 25 karat. Cincin itu dihiasi dengan garis berlian baguette yang lulus, yang menambah kira-kira 3,25 karat.

Dilansir dari 9News Australia, Kamis (22/4/2021) cincin itu laku dilelang seharga 1,25 juta dolar Australia atau sekitar Rp 13,75 miliar (kurs Rp 11.000/AUD) kepada seorang penawar yang tidak menyebutkan identitasnya.

Penjualan tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan pada lelang permata di rumah lelang Leonard Joel. Pada tahun 2020, sebuah cincin berlian 17,34 karat menciptakan rekor terakhir dengan laku dilelang seharga 575 ribu dolar Australia atau Rp 6,32 miliar.

Dilaporkan bahwa batu utama cincin berlian itu dipotong dari berlian kasar 47.961 karat. Berlian itu ditambang secara etis di Tundra Kanada.

Berlian itu juga disebut jauh lebih berharga dibandingkan dengan cincin pertunangan para selebritas. Melebihi cincin tunangan 15 karat milik Kim Kardashian, cincin tunangan 6 karat Meghan Markle, dan juga cincin 15 karat milik Jennifer Lopez.

Kepala rumah lelang Leonard Joel Hamish Sharma menggambarkan berlian itu sebagai salah satu yang paling langka dalam jenisnya. Dia mengaku selama 40 tahun karirnya di industri perhiasan, cincin berlian 25 karat itu adalah perhiasan paling menakjubkan.

"Anda memiliki ukuran berlian 25 karat, itu sangat besar dan Anda memiliki kualitas kejernihan yang sempurna. Itu kelangkaan dan tentu saja keindahan batunya. Bahkan, saat Anda memeriksanya, itu akan sangat mempesona," ujar Hamish.

Simak juga 'Saat Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/eds)