Pecah Rekor Lagi! Harga Dogecoin Sudah Meroket 8.000% Tahun Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 22:53 WIB
Dogecoin
Foto: The Independent
Jakarta -

Harga Dogecoin kembali meroket dan memecahkan rekor hari ini. Kapitalisasi pasar Dogecoin sudah melebihi US$ 50 miliar atau sekitar Rp 700 triliun (kurs Rp 14.000). Dari data CoinMarketCap, Dogecoin menyentuh harga tertinggi hingga Rp 6.142 per koin hari ini.

Diketahui salah satu pemicunya adalah penggunaan tagar berbau Dogecoin di media sosial. Dilansir dari Reuters, Selasa (20/4/2021), penggemar Dogecoin menggunakan tagar #DogeDay dan #DogeDay420 untuk memposting meme, pesan, dan video di Twitter, Reddit, dan TikTok.

Hal ini merujuk pada liburan informal 20 April untuk merayakan ganja yang ditandai dengan asap dan pesta jalanan.

Lonjakan harga Dogecoin tercatat mencapai 8.000% tahun ini. Padahal awalnya, mata uang kripto satu ini dibuat sebagai kritik satir dari hiruk pikuk cryptocurrency di tahun 2013.

Lonjakan harga 8.000% tahun ini telah membuat Dogecoin yang dikeluarkan sebagai kritik satir dari hiruk pikuk cryptocurrency 2013, menyalip beberapa uang kripto lain yang lebih banyak digunakan. Misalnya seperti mata uang kripto Tether, bahkan Dogecoin kini sudah menjadi koin terbesar kelima.

Diana Biggs, CEO Valor sebuah perusahaan start-up crypto, mengatakan reli harga Dogecoin merupakan fenomena menarik. Apalagi setelah harga Dogecoin melonjak lebih dari lima kali lipat dalam minggu lalu ke rekor US$ 0,42 atau sekitar Rp 5.880 per koin.

"Koin meme yang dibuat sebagai lelucon bagi pengguna kripto awal yang komunitasnya menganggap hal semacam itu menyenangkan, dengan generasi baru investor ritel yang bahasa aslinya meme," kata Biggs.

Lanjut halaman berikutnya soal Dogecoin.