Suka Duka Handhika Jahja, Milenial yang Jadi Bos Shopee

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 13:17 WIB
Shopee
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Handhika Jahja adalah milenial sukses yang jadi Bos Shopee. Di usianya yang baru menginjak 32 tahun, dia sudah dipercaya jadi Executive Director sejak e-commerce orange tersebut hadir di Indonesia pada 2015.

Handhika Jahja lulus dengan predikat kelas satu di bidang Teknik Elektro dan Elektronik, Teknologi Informasi dan Komunikasi Nanyang Technological University. Karier-nya pertama kali pada 2012, sudah dimulai di Sea Limited (Sea Group) yang menjadi induk e-commerce Shopee.

"Setelah bekerja sebentar di Singapura saya dikirim ke Indonesia buat set up Garena Indonesia (Sea Grup), kantor Indonesia pertama di sini dan sejak itu program dari Sea Grup lainnya saya kerjakan juga. Sampai akhirnya Shopee di tahun 2015 merupakan program barunya yang sampai sekarang ini," kata Handhika dalam program Ask d'Boss detikcom beberapa waktu lalu.

Sebagai orang yang dipercaya memimpin Shopee, Handhika mengaku merasa memiliki tanggung jawab yang besar. Sebab keberadaan e-commerce tersebut sangat memberikan pengaruh termasuk ke negara, sehingga dirinya harus terus menunjukkan performa yang baik.

"Jadi kita bertanggung jawab pada staf-staf kita, tim-tim Shopee yang sudah membawa kita ke titik ini. Kita juga bertanggung jawab sama stakeholder kita, pembeli dan penjual yang sekarang harus kita jaga dan juga dengan skala kita ini memberikan impact yang real ke nasional dan juga ekonomi Indonesia," imbuhnya.

Diakuinya banyak pengalaman yang berkesan selama menjadi Executive Director di Shopee. Salah satunya yakni saat mengunjungi UMKM Indonesia dan mendengar berbagai cerita menarik dari mereka tentang bisnisnya.

"Jadi dulu sebelum pandemi kita setiap bulan itu keliling Indonesia untuk mengunjungi para penjual kita, ngobrol, cari tahu lagi apa yang bisa kita bantu untuk mereka dan bisa dibilang itu sangat berkesan sekali kalau kita lihat cerita-cerita mereka karena kebanyakan adalah rumahan, bisnis-bisnis kecil yang dilakukan sama keluarga sendiri," jelasnya.

"Jadi kita bisa lihat gimana impact-nya platform dari produk kita ini untuk mereka dan tentunya ke sekeliling mereka juga, kita lihat gimana mereka mempekerjakan tetangga-tetangganya, sama-sama makmur bareng dan menurut saya itu sangat berkesan sekali," tambahnya.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(aid/dna)