THR PNS Rp 30 T Siap Diguyur Akhir April

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 18:06 WIB
Infografis THR PNS 2018
Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta -

Kabar gembira buat para pegawai negeri sipil (PNS) pusat dan daerah. Kementerian Keuangan memastikan pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi seluruh abdi negara dilaksanakan pada akhir bulan April 2021.

Pemerintah sendiri sudah menetapkan pencairan THR bagi PNS pusat dan daerah pada H-10 sampai H-5 Lebaran 2021.

"Yang soal THR, jadi itu kan sekitar H-5 sampai H-10, berarti akhir bulan April atau awal Mei bisa dijalankan," kata Suahasil dalam konferensi pers APBN KiTa edisi April 2021, Kamis (22/4/2021).

Suahasil mengatakan, percepatan pencairan THR bagi PNS pusat dan daerah ini sebagai upaya pemerintah mendorong tingkat konsumsi rumah tangga atau daya beli masyarakat.

Apalagi saat ini pemerintah sudah menetapkan anggaran THR PNS sebesar Rp 30,6 triliun, yang terdiri dari Rp 15,8 triliun untuk PNS pusat dan Rp 14,8 triliun untuk PNS daerah. Adapun pencairan THR PNS pada tahun ini dilakukan secara penuh atau tidak dipotong seperti tahun sebelumnya.

"Harapannya mendorong konsumsi dan untuk komplemen kebijakan itu kita juga melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial jadi yang untuk PKH untuk BPMT untuk yang BLT dana desa kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini dan juga yang bulan depan agar segera diterima oleh masyarakat," kata Suahasil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta masyarakat tetap menyambut Lebaran dengan penuh suka cita. Meski masih dibayangi pandemi COVID-19, momen satu tahun sekali itu disebut tetap bisa dirayakan dengan protokol kesehatan.

Sri Mulyani mengatakan kegiatan belanja menjelang Lebaran seperti pembelian baju baru harus tetap dilakukan. Hal itu agar kegiatan ekonomi tetap berjalan.

"Ada bagusnya juga Lebaran tetap pakai baju baru, beli baju baru supaya walaupun Zoom nanti pakai baju baru sehingga muncul aktivitas di masyarakat bisa terjadi. Jadi saya harapkan masyarakat tetap menyambut ini dengan gembira, dengan bersyukur namun kita juga menjaga supaya risiko terjadinya penularan tidak terjadi," katanya.

Apalagi pemerintah akan menyiapkan program Hari Belanja Nasional (Harbolnas) jelang Lebaran. Walaupun masyarakat diminta tidak mudik, tetap bisa berbagi dengan orang tersayang.

"Walaupun tidak ketemu tapi kita masih bisa mengirimkan bingkisan kepada yang Anda sayangi di tempat asal kita dan sekarang dengan berbagai macam teknologi digital itu memungkinkan," ucap Sri Mulyani.

Lihat Video: Airlangga Pastikan Pekerja Dapat THR Dibayar Penuh Minimal H-7

[Gambas:Video 20detik]



(hek/eds)