Anti Canggung! Begini Tips Bersosialisasi dengan Teman Kantor

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 05:00 WIB
Young man and woman startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room.
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bersosialisasi dengan teman sekantor bisa menjadi salah satu masalah serius bagi sebagian orang. Tak semua orang bisa bersosialisasi dengan baik. Padahal bersosialisasi menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan karir.

Bagi sebagian orang cukup sulit untuk bergaul dengan orang lain, harus adanya waktu untuk adaptasi lagi. Baiknya hubungan antar rekan kerja juga bisa meningkatkan produktivitas yang juga akan menguntungkan perusahaan.

Dikutip dari CNN, Kamis (22/4/2021) Berikut ini ada tips untuk bersosialisasi dengan teman sekantor. Simak ya!

Mulailah Percakapan

Saat kita kehilangan keterampilan bersosialisasi secara langsung, ada baiknya mencoba untuk memulai obrolan duluan kepada teman sekantor Anda. Obrolan yang diambil jangan basa-basi, tetapi bisa dengan menawarkan bantuan, bertanya rencana setelah pulang kerja dan bertanya masalah pekerjaan.

"Miliki beberapa pertanyaan bermakna yang akan membantu Anda terlibat dengan orang lain," kata Susan McPherson, penulis buku "The Lost Art of Connecting."

Selain itu, cobalah untuk jujur dan bercerita kepada teman sekantor bahwa Anda memiliki masalah bersosialisasi. Kemudian, untuk menghilangkan rasa canggung Anda bisa mengikuti acara dengan rekan setim di luar kantor, contohnya seperti piknik atau makan-makan.

Mulai Ngobrol dengan Teman setim

Ketika mencoba menjalin hubungan sosial di kantor lagi, coba memulai obrolan dengan rekan satu tim Anda kemudian dengan manajer Anda dan para pemimpin lainnya. Cara itu bisa membangun reputasi yang baik ke semua orang.

Setelah Anda merasa nyaman, jadwalkan waktu tatap muka dengan manajer langsung dan atasan Anda untuk membahas proyek masa depan dan memilah-milah pekerjaan yang tertunda.

Tingkatkan Kinerja

Susun strategi untuk meningkatkan kinerja, hal ini tentu bukan melibatkan diri sendiri tetapi harus melibatkan rekan kerja yang lain. Coba tanyakan kepada teman kantor apa yang bisa Anda lakukan untuk berkontribusi dalam kerja tim. Jangan lupa untuk memprioritaskan kerja tim bukan diri sendiri.

Psikolog Organisasi dan Pendiri Perusahaan konsultan manajemen Gallaher Edge, Laura Gallaher mengatakan jika Anda bisa bekerja sama dengan tim akan membuat Anda terlihat seperti orang yang percaya diri. Kemungkinan hal itu juga bisa menunjang promosi jabatan Anda di kantor.

(zlf/zlf)