Pendiri Situs Kontroversial 4chan, Chris Poole Cabut dari Google!

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 10:52 WIB
Google Doodle
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Pendiri situs berbagai gambar, 4chan, Chris Poole dikabarkan telah keluar dari perusahaan sistem pencarian, Google. Kabar itupun dibenarkan oleh Google. Namun, saat dimintai keterangan Poole tidak menanggapi permintaan itu.

Dikutip dari CNBC, Jumat (23/4/2021) menurut sumber dari Google, hari terakhir Poole ada di raksasa pencarian itu pada 13 April 2021 lalu. Posisi terakhir yang diduduki Poole menjadi Manajer Produk. Dia diketahui pertama kali bergabung dengan Google pada 2016 silam.

Poole mengungkapkan dia bergabung dengan Google sebagai kelanjutan dari pekerjaannya. Saat pertama kali bergabung dengan Google, Poole bergabung sebagai Manajer Produk di unit foto, yang mengawasi upaya jejaring sosial di bawah VP Bradley Horowitz pada saat itu.

Menurut Crunchbase, posisi Poole di Google berganti-ganti. Dia sempat mitra di inkubator startup internal Google, Area 120, yang baru diluncurkan pada 2016. Dia kemudian menjadi manajer produk di divisi Maps Google.

Poole mendirikan 4chan pada 2003 saat usianya 15 tahun. Web itu tumbuh menjadi salah satu komunitas online paling berpengaruh dan kontroversial hingga saat ini. Namun seiring waktu, situs tersebut menghadapi kritik karena menampung peretas, citra cabul, pelecehan dan informasi yang menargetkan wanita dan kelompok minoritas.

Karena sebab itu, 4chan menjadi sasaran berbagai tuntutan hukum, serta panggilan pengadilan FBI. Pada 2015, Poole mengumumkan pengunduran dirinya dari 4chan dan menjual situs tersebut kepada pengusaha internet Jepang Hiroyuki Nishimura dengan harga yang dirahasiakan.

(zlf/zlf)