Masayoshi Son, Orang Terkaya Jepang yang Dekat Dengan Jokowi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 13:50 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu Tony Blair dan CEO Softbank Masayoshi Son di Istana Kepresidenan. Pertemuan itu berkaitan dengan pembangunan ibu kota negara baru.
Masayoshi Son (Kiri), Tony Blair (Tengah), dan Jokowi (Kanan)/Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Jepang tahun 2021. CEO Softbank Masayoshi Son berada di puncak daftar tersebut dengan harta sebesar US $ 44,4 miliar atau mencapai Rp 643,8 triliun.

Dari catatan detikcom, sosok Son sendiri tidak asing bagi Indonesia. Dirinya cukup dekat dengan jajaran pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, Son pernah bertemu langsung dengan Jokowi.

Pertemuan itu dilakukan medio Juli 2019 lalu, Son bersama dengan bos Grab dan Tokopedia, yakni Anthony Tan dan William Tanuwijaya menyambangi Istana Presiden untuk membahas beberapa perjanjian bisnis.

Kedatangannya pagi itu bukanlah momen biasa, pasalnya Son sampai harus disambut oleh sejumlah pejabat tinggi negara saat itu guna membahas investasi Softbank di tanah air.

Tercatat saat itu ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Seskab Pramono Anung, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Kepala BKPM yang kala itu dijabat Thomas Lembong ikut menyambut Masayoshi Son.

Saking dekatnya hubungan Son dengan pemerintah Indonesia, khususnya Jokowi, dia juga ditunjuk sebagai dewan pengarah pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Namanya disandingkan dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan dan Mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007 Tony Blair.

Jokowi pun mengatakan pemerintah ingin memberikan kepercayaan bagi dunia terhadap rencana pemindahan ibu kota negara baru. Maka dari itu menunjuk MBZ dan dua tokoh internasional lainnya untuk jadi pengarah pembangunan ibu kota negara baru.

"Tadi saya sampaikan bahwa yang ingin kita bangun adalah trust, membangun trust, beliau-beliau ini memiliki pengalaman yang baik di bidang pembangunan kota," kata Jokowi di usai menghadiri acara pertemuan tahunan industri jasa keuangan Tahun 2020 di grand ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place (PP), Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Tonton juga Video: Jokowi dan Tony Blair Bertemu di Istana, Bahas Konsep Ibu Kota Baru

[Gambas:Video 20detik]