Airlangga Klaim Ekonomi RI Positif, Konsumsi-Ekspor Digenjot

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 14:05 WIB
Airlangga
Foto: Kemenko Perekonomian: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Jakarta -

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan kondisi terkini perekonomian Indonesia. Menurut Airlangga situasi perekonomian sudah memberikan tanda-tanda positif. Apa saja tanda-tandanya?

"Kalau kita lihat proyeksi ke arah recovery di mana kita berharap ada kenaikan dari segi konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah maupun dari segi ekspor," ujar Airlangga dalam paparan Perkembangan Perekonomian Terkini serta Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), secara virtual, Jumat (23/4/2021)

"Selanjutnya kita melihat indeks keyakinan konsumen, penjualan kendaraan bermotor di bulan Maret mengalami peningkatan. PMI (Purchasing Managers' Index) sudah posisi 53,2, investasi sudah meningkat diharapkan lebih tinggi lagi," sambung Airlangga.

Selain itu, alokasi untuk kesehatan dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp 176 triliun, perlindungan sosial Rp 175 triliun. Kemudian, alokasi untuk UMKM Rp 184 triliun dan insentif usaha Rp 58 triliun.

Sementara itu dalam tiga bulan terakhir neraca perdagangan positif, dibarengi dengan keseimbangan ekspor dan impor sehingga ekonomi bergerak. Terakhir Airlangga, memaparkan realisassi anggaran PEN yang dialokasikan sebesar Rp 699,43 triliun.

"Secara keseluruhan realisasi PEN mencapai 19,2% dari pagu Rp 699,43 triliun. Mulai dari sektor kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas padat karya. Kemudian terkait realisasi UMKM dan korporasi, insentif usaha," tutur Airlangga.

Tonton Video: Jokowi Ingatkan April-Juni Bisa Tentukan Pertumbuhan Ekonomi RI

[Gambas:Video 20detik]



(hns/ara)

Tag Terpopuler