Jelang Larangan Mudik, Tiket KA ke Purwosari hingga Malang Ludes Terjual

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 10:47 WIB
Pemerintah telah melarang mudik pada 6-17 Mei 2021. Kini, aturan perjalanan sebelum dan sesudah larangan mudik pun diperketat.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Larangan mudik berlangsung pada 6-17 Mei 2021. Pemerintah juga telah memperketat perjalanan untuk periode sebelum dan sesudah larangan mudik yakni pada 22 April-24 Mei 2021.

Hal itu nyatanya tidak menyurutkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Terbukti H-1 jelang larangan mudik pada 5 Mei, tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) ke beberapa daerah sudah ludes terjual.

detikcom menelusuri ketersediaan tiket kereta di aplikasi KAI Access, Senin (26/4/2021). Simulasi pembelian tiket dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB dengan kategori semua kelas kereta dengan 1 penumpang dewasa.

Tempat keberangkatan dipilih dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat ke Purwosari, Jawa Tengah. Hasilnya, sudah tidak tersedia tiket kereta untuk keberangkatan 4-5 Mei.

Begitu juga untuk tujuan ke Surabaya Gubeng, Jawa Timur, tiket kereta untuk semua kategori sudah tak bisa lagi dipesan pada 5 Mei alias jelang periode larangan mudik. Sedangkan untuk keberangkatan 4 Mei, juga hanya tersisa 1 tiket.

Masih dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk tujuan ke Malang, Jawa Timur pada 5 Mei tiket kereta juga sudah ludes. Saat mencari tujuan tersebut, tampilan hanya berwarna abu-abu dan pembelian tiket tak bisa diklik.

"Betul (tiket sudah tidak tersedia kalau tampilan kayak gitu)," kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus kepada detikcom.

Meski begitu, untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat masih cukup banyak tersedia tiket kereta untuk tujuan ke Malang. Saat ini pihak KAI masih menyiapkan data penjualan tiket jelang larangan mudik.

Simak juga 'Tiket KA di Stasiun Senen untuk Masa Larangan Mudik Belum Dijual':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)