Bulog Jual Daging Beku Rp 84.999/Kg, Belinya Cuma Modal 'Jempol'

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 15:22 WIB
Bulog Jual Daging Beku Online Rp 84.999/Kg
Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

Perum Bulog kini menjual daging beku secara online melalui official store ipanganandotcom yang ada di aplikasi Shopee. Daging beku yang dijual Bulog dipatok di harga Rp 84.999/kg untuk daging kerbau impor dan Rp 99.000/kg untuk daging sapi lokal. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos kirim Sameday.

"Sekarang bulan puasa menjelang lebaran tentunya kebutuhan masyarakat semakin banyak khususnya masalah daging, ada daging sapi, daging ayam, nanti juga daging kerbau impor, kita berikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkannya dengan harga yang murah tentunya, dengan kecepatan pengiriman, masyarakat tidak perlu lagi harus datang, ini menghemat waktu dan biaya," ujar Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam acara Launching Penjualan Daging Beku Online di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Sayangnya, daging beku yang dijual secara online ini belum bisa menjangkau seluruh penjuru Indonesia. Daging beku online baru bisa dikirim ke tujuh kota saja yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Makassar, dan Yogyakarta.

Untuk kota-kota lainnya, bisa mendatangi langsung Rumah Pangan Kita (RPK) yang jumlahnya mencapai 43.000 jaringan aktif tersebar di seluruh Indonesia. Di RPK, masyarakat bisa membeli daging kerbau beku seharga Rp 80.000/Kg dan daging sapi beku seharga Rp 90.000/Kg.

"Khusus untuk online memang belum terjangkau secara keseluruhan seluruh Indonesia, tapi untuk kebutuhan daging yang kita miliki ini kita distribusikan ketersediaan kita untuk seluruh Indonesia dengan offline, perpanjangan tangan kita termasuk di RPK-RPK," katanya.

Rencananya, layanan jual beli daging beku online ini jangkauannya diperluas ke seluruh Indonesia. Adapun stok daging beku yang disediakan Bulog mencapai 13.000 ton, dapat dibeli secara offline maupun online.

Stok sebanyak ini disebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa Ramadhan dan lebaran kali ini.

Meski begitu, pembelian daging beku secara online dibuat terbatas, per transaksi cuma bisa membeli maksimal 2 Kg saja.

"Dari Bulog memang ada policy ini tidak boleh diborong, 2 kg maksimum, daging sapi dan daging kerbau, (dikirim) dengan cooler bag, sehingga sampai itu dalam kondisi yang masih segar, ini supaya rata, semua orang bisa menerima daging beku ini," ujar Dirut Storesend Indonesia Rudy Tanoesoedibjo.

Penjualan daging beku ini merupakan bagian dari upaya Bulog untuk menekan harga daging yang tengah melonjak cukup tajam. Harga daging khususnya daging sapi disebut tengah mengalami kenaikan harga tembus hingga Rp 130-140 ribu per kg. Oleh karena itu, adanya penjualan daging kerbau beku seharga Rp 84-99 ribu per kg diharapkan bisa menjadi alternatif.

(ara/ara)

Tag Terpopuler