Sandiaga Ajak Masyarakat Bisnis di Tengah Pandemi, Mulainya Gimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 15:31 WIB
Komisi X DPR RI menggelar rapat Kerja (raker) dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, di ruang Komisi X Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/03/2021).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menyebabkan ekonomi dunia termasuk Indonesia mengalami krisis. Dampaknya, pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi di mana-mana, hingga kelompok rumah tangga rentan jatuh miskin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk bangkit dari kondisi sulit dengan cara mencari dan merealisasikan ide untuk bisnis. Menurutnya, bisnis yang terbaik adalah yang mulainya saat krisis.

"Memang pandemi COVID ini sangat berdampak bagi aspek kehidupan kita termasuk wisata dan ekonomi kreatif, tapi kita harus bangkit di saat sulit. Kita harus bergandengan tangan dan kita harus pulihkan ekonomi kita caranya tentu dengan ide-ide bisnis. The best bisnis mulainya saat krisis," katanya dalam Festival Ide Bisnis Day 1 detikcom, Senin (26/4/2021).

Sandi bercerita bahwa dirinya juga memulai jadi pengusaha saat krisis bersama dua orang temannya. Saat itu muncul idenya untuk membuka usaha di bidang konsultan keuangan karena dia menilai banyak perusahaan yang membutuhkan restrukturisasi utang karena dihantam krisis.

"Saya selalu bilang bahwa saya memulai usaha waktu krisis 1997. Kebetulan saya di-PHK dari tempat kerja saya dan akhirnya saya memulai usaha dari hanya bertiga. Setelah 20 tahun usaha saya berkembang, sekarang menjadi perusahaan investasi asing yang membuka lapangan kerja bagi 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia," tutur Sandiaga Uno.

Dia mengajak masyarakat untuk tetap semangat melawan pandemi demi kebangkitan perekonomian di masa depan. Pemulihan ekonomi disebut akan terus membaik asalkan masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Saya ingin men-challenge teman-teman bagaimana kita bisa bangkit dengan memulihkan dalam bingkai protokol kesehatan. Di festival ide bisnis harus keluar idenya seperti apa, bagaimana vaksin ini yang sekarang kita genjot lebih mampu untuk terdistribusi, bagaimana protokol kesehatan lebih dipatuhi," tandas Sandiaga Uno.

Anda yang ingin menggali ide bisnis dan belajar langsung dari para praktisi masih bisa mendaftar Festival Ide Bisnis yang berlangsung sampai Jumat, 30 April 2021 di event.detik.com.

(aid/ara)

Tag Terpopuler