Rahasia Joger, Bisnis Modal Mini yang Sukses Jadi Oleh-oleh Khas Bali

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 17:26 WIB
Toko Joger
Foto: Dok. Joger
Jakarta -

Siapa yang tak tahu dengan Joger Pabrik Kata-Kata? Siapapun yang pernah ke Bali atau mendapat oleh-oleh dari kerabat pasti pernah melihat suvenir Joger.

Joger menjual produk fesyen seperti kaus, sweater, topi, sandal, hingga tas selempang yang didesain dengan kata-kata unik.

Pendiri Joger Pabrik Kata-Kata Joseph Theodorus Wulianadi menceritakan sedikit strateginya bisa sukses membangun bisnis fesyennya tersebut. Kunci utamanya, kata Joseph adalah jangan terlalu banyak keluarkan modal di awal memulai bisnis, namun jangan juga terlalu sedikit.

Joseph pada awal mula mendirikan usahanya hanya mengeluarkan modal sebesar Rp 500 ribu. Uang segitu, ia pakai untuk mendulang pengalaman dulu. Saat itu, Joseph memulai bisnisnya dengan menjajakan produk batik.

"Jadi waktu saya mulai bisnis itu memang secara sengaja, sadar, dan penuh kegembiraan saya bawa uangnya sedikit, sengaja dengan mengatakan pada diri saya, coba ini kamu pertaruhkan," ungkap Joseph dalam acara Festival Ide Bisnis detikcom, Rabu (28/4/2021).

Dengan kata lain, menurut Joseph, modal utama memulai bisnis dan menjadikannya sukses adalah beriktikad.

"Selama ini orang mau mulai usaha mengatakan 'saya belum punya modal uang', padahal modal uang itu hanya salah satu, dan bahkan dalam konsep bisnis holistis yang saya jalankan sejak tahun 80-an itu, itu sebenarnya uang itu nomor beberapa," katanya.

Selain itu, harus punya tujuan yang lurus dan kuat. Tanpa iktikad dan tujuan yang lurus dan kuat, bisnis bisa cepat gulung tikar.

"Kalau ditanya kenapa mau jadi pengusaha? Jawabannya 'enak', enaknya yang dipikir, itulah yang bikin banyak orang yang frustrasi, karena salah menaruh tujuannya," imbuhnya.

Anda yang ingin menggali ide bisnis dan belajar langsung dari para praktisi masih bisa mendaftar Festival Ide Bisnis yang berlangsung sampai Jumat, 30 April 2021 di event.detik.com.

(ara/ara)