Siap-siap! Ada Promo Ongkir di Hari Bangga Buatan Indonesia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 19:45 WIB
BRISTOL, UNITED KINGDOM - AUGUST 11:  In this photo illustration a man uses a credit card to buy something online on August 11, 2014 in Bristol, United Kingdom. This week marks the 20th anniversary of the first online sale. Since that sale - a copy of an album by the artist Sting - online retailing has grown to such an extent that it is now claimed that 95 percent of the UK population has shopped online and close to one in four deciding to shop online each week.  (Photo Illustration by Matt Cardy/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Hari Bangga Buatan Indonesia akan digelar dalam waktu dekat. Gelaran ini merupakan hari belanja online yang ditujukan untuk produk dalam negeri.

Hari Bangga Buatan Indonesia dipakai untuk membedakan dengan Hari Belanja Online Nasional yang biasa digelar pada akhir tahun. Tujuannya, untuk menggenjot transaksi dan diharapkan dapat berkontribusi pada perekonomian.

Apa saja promonya?

Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mnjelaskan, acara ini ditargetkan minimal diikuti oleh 200 toko online anggota idEA.

"Target kita kalau Harbolnas tahun lalu ada 200 toko online bisa lets say Bhineka, Tokopedia, Bukalpak kita dihitungnya satu. Target kita minimal itu akan 200 member idEA yang join tapi memang kita terus masih mendata ketersediaaannya sudah kita push untuk datanya," katanya dalam webinar, Rabu (28/3/2021).

Ia sendiri belum merinci promo apa saja yang diberikan. Namun, dia mengatakan, untuk mendorong transaksi tidak harus melalui promo ongkos kirim namun bisa promo lain seperti cash back.

"Dan apakah promonya harus ada ongkir dan promo lain, sebenarnya untuk menggeliatkan transaksi itu kan nggak harus promo ongkir, tapi juga bisa jadi promo-promo lain lets say ada cash back apapun itu," ujarnya.

"Tapi tujuannya sebenarnya balik lagi, untuk supaya UMKM daerah-daerah dengan promo Hari Bangga Buatan Indonesia terasa manfaatnya," tambahnya.

Saat dikonfirmasi, ia mengatakan, gratis ongkir ialah program utama dari kegiatan ini.

"Program utama gratis ongkir," tambahnya.

(acd/dna)