Apa Sih yang Bikin Masyarakat Masih Percaya dengan Investasi Bodong?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 15:23 WIB
Investasi Bodong
Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta -

Investasi ilegal alias investasi bodong tahun 2021 ini masih saja marak. Terakhir ada EDCCash yang rumah CEO nya digeruduk member karena disebut mempersulit pencairan uang yang telah mereka setorkan.

Satgas Waspada Investasi menyebut jika EDCCash ini merupakan entitas investasi ilegal yang sudah dihentikan sejak 2020 lalu. Sebenarnya apa sih yang bikin masyarakat Indonesia masih percaya dengan investasi bodong ini?

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan saat ini memang kemajuan teknologi informasi sangat pesat, pembuatan aplikasi dan situs web yang biasa menjadi tempat penawaran penipu kepada calon korban sangat mudah.

"Masyarakat juga sekarang sangat mudah mengakses informasi ini. Kita Satgas Waspada Investasi berupaya untuk menangani hal ini sejak dini, jika ada yang menawarkan dan terindikasi ilegal akan dihentikan langsung kita umumkan ke masyarakat," kata dia kepada detikcom, Jumat (30/4/2021).

Dia mengungkapkan, masyarakat Indonesia saat ini masih mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi. Memang biasanya investasi bodong ini menawarkan imbal hasil yang sangat besar untuk menarik minat calon korbannya.

Menurut Tongam, tak jarang orang yang berpendidikan dan memiliki pemahaman yang baik untuk investasi ini. Namun karena mereka serakah dan ingin mendapatkan untung yang cepat maka masuklah ke investasi ilegal ini.

"Biasanya orang-orang ini serakah, karena ingin iming-iming keuntungan yang tinggi. Padahal sebelum investasi itu harus cek dulu legal dan logisnya, jangan sampai ke investasi yang ilegal. Sangat merugikan," jelas dia.

Lihat juga Video: Investasi Bodong EDC-Cash Tipu 57 Ribu Member, Raup Ratusan Miliar!

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)