Jangan Tertipu! Ini Situs Investasi Bodong yang Diblokir Termasuk Binomo

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 16 Apr 2021 07:30 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Ratusan domain situs penyedia jasa investasi trading ilegal kembali diblokir oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kali ini, ada 105 domain situs investasi bodong yang diblokir milik platform Binomo, Fxtm, Firewood, Exness, dan seterusnya.

Ratusan situs tersebut dipastikan ilegal karena tidak memiliki izin sebagai perdagangan berjangka komoditi (PBK) dari Bappebti. Situs tersebut juga berpotensi merugikan masyarakat.

"Antusiasme masyarakat dalam bertransaksi di bidang PBK selama pandemi semakin meningkat. Untuk itu, pengawasan dan pengamatan perlu diperketat untuk mencegah adanya potensi kerugian masyarakat akibat penawaran iklan dan promosi di bidang PBK yang tidak berizin," ujar Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam keterangan resmi Kemendag, Kamis (15/4/2021).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M. Syist meminta masyarakat agar jangan tertipu dengan penawaran dari oknum yang menjanjikan keuntungan dari transaksi di bidang PBK, terutama dengan penawaran pendapatan tetap (fixed income) maupun pembagian keuntungan (profit sharing) dalam investasi PBK.

Masyarakat juga diimbau jangan mudah menyetorkan dana ke rekening tertentu, bahkan ke rekening atas nama pribadi yang memberikan janji keuntungan dalam persentase dan dalam jangka waktu tertentu.

Penawaran tersebut biasanya juga dibumbui dengan iming-iming bonus atau komisi apabila berhasil merekrut anggota baru sebagai downline. Dapat dipastikan bahwa modus tersebut berujung dengan penipuan.

"Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di PBK, masyarakat diharapkan selalu melakukan pengecekan legalitas pialang berjangka dan kewajaran keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, masyarakat diharapkan untuk tidak tergiur dengan janji keuntungan di luar kewajaran serta mempelajari terlebih dahulu mengenai mekanisme transaksi, untung, dan ruginya," papar Syist.

Daftar situs investasi bodong di halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Investasi Bodong EDCCash Dilaporkan ke Bareskrim

[Gambas:Video 20detik]